Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Makin Bugar dengan Senam Hamil

Ibu Hamil Tetap Fit Selama Puasa dengan Olahraga Ini

 

Meski sedang hamil dan berpuasa, bukan berarti Ibu hanya bermalas-malasan di rumah, lho. Yuk, ambil sepatu olahraga favorit Ibu dan mulai bergerak! Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, seperti senam hamil, Ibu dapat menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan Ibu dan janin.

 

Jumat, 13 Juli 2018

Berdasarkan penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists, olahraga saat hamil minim risiko jika dilakukan dengan tepat, Bu. Manfaat yang diperoleh dari berolahraga saat hamil pun beragam, mulai dari meningkatkan kebugaran fisik, menjaga berat badan, mengurangi potensi diabetes gestasional, hingga membuat suasana hati makin happy.

Nah, bila Ibu memilih berpuasa di trimester kedua kehamilan, sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka puasa. Dengan cara ini Ibu bisa meminimalkan risiko dehidrasi dan kelelahan, karena energi dan cairan tubuh yang hilang saat olahraga dapat segera digantikan dengan makan dan minum saat berbuka puasa. Lalu, apa saja olahraga yang aman dilakukan Ibu hamil di bulan puasa? Yuk, cek infonya di sini!

Berjalan Kaki

Ini adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik bagi Ibu hamil, karena dapat bantu menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Tentu ini bisa menjadi alternatif olahraga yang murah ya Bu, karena tidak membutuhkan peralatan khusus. Berjalan kaki juga merupakan cara termudah bagi Ibu yang baru mulai berolahraga, sekaligus aman dilakukan di trimester kedua kehamilan. Misalnya, Ibu dapat berjalan kaki untuk membeli hidangan berbuka puasa atau sekadar berjalan di taman.

Jika sebelum hamil Ibu sudah rutin berjalan kaki, teruskan kebiasaan baik tersebut dengan kecepatan dan jarak tempuh normal. Sebaliknya, jika sebelum hamil Ibu kurang aktif bergerak, mulailah dengan berjalan pelan secara teratur selama 20 sampai 60 menit. Supaya makin seru, Ibu bisa ajak Ayah ikut serta atau dengarkan lagu favorit yang membuat Ibu tambah semangat untuk berjalan kaki.

Senam Hamil

Senam hamil dapat melatih kelenturan otot dan meningkatkan kebugaran tubuh, sehingga Ibu bisa lebih nyaman menghadapi momen kehamilan di trimester kedua. Berbeda dengan senam aerobik, gerakan senam kehamilan dilakukan dengan ritme yang lambat (low impact). Beberapa contoh gerakan senam kehamilan, misalnya senam lantai, push up dengan menggunakan dinding sebagai tumpuan, atau berjongkok. Selain bisa dilakukan dengan mudah di rumah, Ibu juga bisa ikut kelas senam kehamilan bersama bumil lainnya sambil berbagi tips kesehatan ibu hamil .

Peregangan

Stretching atau peregangan adalah latihan yang baik untuk mencegah ketegangan otot, terutama di sekitar panggul dan perut.Jadi, jangan lupa lakukan peregangan setiap hari ya Bu, terutama saat pemanasan dan pendinginan setelah olahraga.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi untuk mencari alternatif olahraga yang aman dilakukan di bulan puasa kan, Bu? Perlu dicatat, sebelum memutuskan melakukan olahraga ataupun mengikuti kelas senam hamil, sebaiknya Ibu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik. Dengan rutin olahraga, Ibu dapat menjalani kehamilan yang sehat dan happy sehingga dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.