Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Tips Merawat Balita Tumbuh Gigi Berikut

Ini Dia Cara Merawat Kesehatan Gigi Si Kecil

 

 

Tubuh Si Kecil tentunya perlu untuk didukung dan diamati perkembangannya. Namun, Ibu terkadang melupakan bagian penting lainnya ketika balita tumbuh gigi. Ternyata, kesehatan gigi anak tidak boleh diremehkan. Menurut Dental Health Foundation Ireland, gigi susu Si Kecil penting untuk dijaga kesehatannya. Ini karena gigi susu menjadi fondasi gigi dewasa yang sehat nantinya. Oleh sebab itu, Ibu harus mulai merawat gigi susu Si Kecil sejak ia menginjak usia enam bulan. Bagaimana cara merawat gigi Si Kecil? Cek beberapa caranya berikut ini.

Senin, 1 Oktober 2018

 

Biasakan Menyikat Gigi

 

Kebiasaan menyikat gigi yang disarankan itu minimal dua kali dalam sehari. Perlu dicatat, kebiasaan ini, sebaiknya dilakukan setelah Si Kecil sarapan dan sebelum tidur. Dengan begitu, sisa makanan yang menempel di gigi bisa diminimalkan. Jangan lupa, ajari juga Si Kecil membersihkan bagian sela-sela gigi dan gusinya, ya Bu. Tujuannya, untuk meminimalkan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Pilihlah sikat gigi khusus anak yang lembut di gusi, supaya gusinya tidak mudah iritasi. Lalu, mulai gunakan pasta gigi ketika ia menginjak usia dua tahun.

 

Hentikan Kebiasaan Gigit Jari

 

Sebenarnya, menggigit jari adalah kebiasaan yang normal dilakukan Si Kecil. Namun, jika hal ini terus berlangsung hingga usia lima tahun, berisiko menimbulkan masalah kesehatan bagi Si Kecil. Apalagi bila kebiasaan ini tetap berlangsung saat gigi tetap mulai tumbuh. Bentuk gigi Si Kecil menjadi tidak selaras karena adanya dorongan isapan jari. Hasilnya, gigi buah hati jadi menonjol ke depan. Bentuk gigi seperti ini terkadang membuat lafal dan pengucapan kata Si Kecil tidak jelas. Untuk itu, Ibu secara perlahan mengganti kebiasaan tersebut dengan yang lain. Misalnya, minta dia memeluk boneka kesayangannya ketika merasa tidak nyaman.

 

Perbanyak Minum Air Mineral

 

Ibu disarankan membiasakan Si Kecil minum cukup air mineral sejak dini. Jadi, setiap selesai makan, ajari Si Kecil untuk minum segelas air mineral. Hal ini penting dilakukan untuk membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut dan sela-sela gigi Si Kecil. Sejumlah air minum ada yang mengandung flouride, Bu. Kandungan ini dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan gigi.

 

Cek ke Dokter Gigi

 

Selain memberikan perawatan yang tepat saat balita tumbuh gigi , Ibu juga dapat mendeteksi gangguan kesehatan Si Kecil sejak dini dengan konsultasi ke dokter gigi. Di usia berapa sebaiknya mulai memeriksakan kesehatan gigi Si Kecil ke dokter? The American Dental Association menyarankan supaya anak diperiksa giginya ke dokter pada usia satu tahun. Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah kerusakan gigi sedini mungkin, sehingga gigi Si Kecil tumbuh sehat dan kuat.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

 

Pilihlah jenis makanan dan minuman yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan gigi. Misalnya, kalsium, zat besi, dan flouride. Jangan sering memberikan makanan yang mengandung banyak gula Bu, sebab kandungan gula yang menempel pada gigi berisiko membuatnya mudah keropos dan berlubang. Sebaiknya, Ibu memberikan Si Kecil beragam makanan sehat, seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan Nestlé NANkid pHPro 3  yang diformulasikan oleh Nestlé Research Centre, Switzerland, mengandung kalsium dan protein whey terhidrolisis parsial untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

 

Nah, naluri seorang Ibu tentu ingin selalu melindungi dan mendukung Si Kecil supaya tumbuh sehat. Salah satunya mengoptimalkan pertumbuhan gigi pada anak  dan menjaganya senantiasa sehat. Kesehatan gigi yang terjaga sejak dini merupakan awal bagi gigi yang tumbuh sehat di masa dewasa.

 

Semoga informasi ini dapat  membantu Ibu untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Jadi, pastikan  Ibu mengetahui info cara merawat gigi yang tepat, terutama saat balita tumbuh gigi hingga ia menginjak usia balita. Yuk, bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.