Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dukung Tumbuh Kembang dengan Susu Balita dan Makanan Ini

Ini Dia Makanan Sumber Probiotik & Prebiotik untuk Si Kecil!

 

Melihat Si Kecil tumbuh sehat, tentunya bisa membuat Ibu bahagia. Untuk mewujudkan hal ini, Ibu butuh memastikan kebutuhan gizinya tercukupi. Probiotik yang merupakan bakteri baik adalah salah satu asupan yang wajib dikonsumsi Si Kecil setiap hari.

Selasa, 16 Oktober 2018

Ini karena probiotik yang hidup di dalam saluran cerna dapat mendukung perlindungan tubuh anak dari kuman penyebab penyakit. Untuk itu, Ibu disarankan memberikannya sumber pangan yang mengandung probiotik, salah satunya susu balita.

 

Untuk mendukung keseimbangan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan Si Kecil, Ibu juga direkomendasikan memberikannya prebiotik. Apa itu prebiotik? Ini merupakan serat pangan yang fungsinya menjadi makanan bagi probiotik untuk hidup dan berkembang biak. Jumlah bakteri baik yang dominan dibanding bakteri jahat, perlu dipertahankan agar daya tahan tubuh Si Kecil senantiasa terjaga.

Sumber Probiotik & Prebiotik untuk Si Kecil

Selain susu balita, makanan apa saja ya yang disarankan dikonsumsi anak untuk membantu memperkuat daya tahan tubuhnya? Simak terus infonya di bawah ini ya, Bu.

1. Sumber Probiotik

- Tempe

Ini salah satu sumber probiotik yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Selain kandungan probiotik, olahan kedelai yang difermentasi ini juga tinggi protein.

- Keju

Tidak semua produk keju mengandung probiotik, disarankan Ibu memilih keju yang bertekstur keras seperti cheddar dan gouda, karena di dalamnya mengandung probiotik Bifodobacteria

- Yoghurt

Secara alami, yoghurt mengandung Lactobacillus, salah satu jenis probiotik. Untuk memastikannya, cek label kemasan yoghurt karena beberapa produk bisa jadi tidak memiliki kandungan probiotik akibat proses produksi.

- Kefir

Olahan fermentasi susu untuk kesehatan anak ini juga bisa jadi alternatif asupan nutrisi bagi Si Kecil. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh Si Kecil.

 

2. Sumber Prebiotik

- Bawang Putih

Gunakan cacahan bawang putih sebagai bumbu atau ditaburkan pada menu tumisan Si Kecil. Sekitar 6% kandungan serat dari bawang putih mengandung prebiotik.

- Bawang Merah

Bumbu dapur ini mengandung prebiotik, serta antioksidan dan antibiotik yang dapat mendukung kesehatan tubuh Si Kecil.

- Daun Bawang

Bahan makanan ini dapat dicampurkan dalam pasta atau sup. Selain mengandung prebiotik, daun bawang juga dapat membantu menambah nafsu makan Si Kecil karena aromanya yang menggugah selera.

- Pisang

Buah yang satu ini juga dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Selain itu, pisang  juga mengandung vitamin B, vitamin C, kalium, dan serat, untuk melengkapi asupan gizi Si Kecil.

- Apel

Di dalam apel tedapat kandungan serat pektin. Ini merupakan salah satu jenis prebiotik yang berfungsi sebagai makanan bakteri baik di saluran pencernaan Si Kecil.

 

Nah, selain memberikan susu balitaIbu juga disarankan memberikan Si Kecil berbagai jenis makanan di atas untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Ibu dapat mendukungnya tumbuh dengan sehat!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.