Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Yuk, Jaga Saluran Pencernaan Si Kecil agar Ia Sehat dan Ceria

Ini Dia Perkembangan Pancaindra Janin di Trimester 2!

 

Tahukah Ibu bahwa janin di dalam kandungan sudah bisa merasakan ataupun mendengar suara Ibu. Hal ini biasanya dimulai saat perkembangan janin 4 bulan

Senin, 8 Januari 2018

Memasuki kehamilan minggu ke-10, rahim Ibu bisa dibilang seperti taman bermain sensoris bagi janin. Kemampuan sensoris Si Kecil pun semakin berkembang. Bahkan mulai minggu ke-24, janin mulai memberikan reaksi. Ini dia beberapa hal yang biasanya bisa dilakukan janin pada trimester kedua

Mendengarkan Suara

Direktur National Childbirth Trust AS, Barbara Kott mengatakan bahwa janin biasanya sudah bisa merespon suara pada usia 20 minggu masa kandungan. Dalam sebuah penelitian, para ahli medis mengecek aktivitas otak janin yang sering mendengarkan musik anak-anak. Ketika janin tersebut lahir, otak mereka memberikan reaksi saat diperdengarkan musik yang sama. Hal ini menandakan bahwa indra pendengaran Si Kecil sudah bekerja ketika masih di dalam kandungan Ibu.

Oleh karena itu, Ibu dan Ayah disarankan untuk sering bicara dengan Si Kecil dalam kandungan, agar ikatan orang tua dan anak bisa terjalin sejak dini. Sebagai stimulasi lain, Ibu juga bisa memperdengarkan musik tertentu yang menenangkan. Namun, disarankan untuk menjaga volume suara dan jenis musik yang diperdengarkan. Pilihlah suara atau harmoni yang tidak terlalu keras karena dapat mengagetkan Si Kecil karena ini dapat memengaruhi perkembangan otak dan mentalnya.

Merasakan Sentuhan & Emosi

Menurut asisten profesor Harvard Medical School and Children’s Hospital Boston, Heidelise Als, sensitivitas janin terhadap sentuhan dimulai sejak minggu ke-8 kehamilan. Namun kepekaannya ini makin berkembang dan baru maksimal ketika usia kandungan memasuki trimester kedua. Janin mulai merasakan sentuhan dari luar perut Ibu. Itu makanya, janin akan menendang atau memukul ketika Ibu hamil mengelus perut.

Pada saat ini, bukan cuma gerakan fisik, Si Kecil dalam kandungan juga merasakan emosi Ibu dan menunjukkannya dengan gerakan. Misalnya, saat Ibu sedang sedih, janin akan cenderung

sedikit bergerak. Sebaliknya, jika Ibu tertawa terbahak-bahak, ia seakan “meloncat-loncat” seperti sedang bermain trampolin. [1]

Peka Terhadap Cahaya

Meskipun berada di dalam perut Ibu, Si Kecil ternyata bisa merasakan cahaya dari luar. Kepekaan ini berawal ketika usia kandungan mencapai 15 minggu. Namun, janin baru membuka mata di sekitar usia 22 minggu dalam kandungan. Menurut Direktur National Childbirth Trust AS, Barbara Kott, meskipun penglihatan janin masih terbatas, janin bisa melihat cahaya terang yang mengenai perut Ibu. Ibu tidak perlu khawatir, cahaya dari luar tidak akan menyakiti matanya secara langsung. Namun, Si Kecil bisa jadi merasa tidak nyaman jika Ibu merasa tidak nyaman. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan Ibu hamil demi perkembangan Si Kecil dalam kandungan.

Mengecap Rasa

Walau tidak makan secara langsung, janin bisa merasakan segala sesuatu yang Ibu konsumsi. Pada usia kandungan 13-15 minggu, indra perasa janin mulai berkembang. Selama ini, ia mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dari tali pusar dan plasenta. Namun, mulai minggu ke-17, janin juga dapat menelan dan merasakan air ketuban. Yang perlu diperhatikan saat ini, apa pun yang Ibu konsumsi dapat terserap ke air ketuban, sehingga Si Kecil juga dapat merasakan semua yang Ibu makan. Jadi ada baiknya mulai trimester kedua, Ibu mulai memilih untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa atau aroma yang kuat.

Bagaimana, Bu? Perkembangan janin 4 bulan sangat hebat dan mengagumkan, kan? Untuk itu, Ibu tetap perlu memerhatikan kesehatan fisik dan mental Ibu sepanjang waktu. Ingat, Si Kecil sudah mulai mendengar, merasa, melihat, dan mengecap sejak di dalam kandungan. Dengan begitu, Ibu dapat menjalani kehamilan yang sehat dan menyenangkan, untuk mendukung Si Kecil menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

 
 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.