Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Apa Saja Manfaat Mengajarkan Anak Membaca?

Ini Manfaat Membaca untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

 

Meskipun masih berusia belia, tidak ada salahnya Moms mengajarkan anak membaca. Kenapa? Lewat kegiatan membaca, Si Kecil dapat belajar berbagai hal yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Untuk itu, para ahli merekomendasikan Moms mengajak Si Kecil membaca, setidaknya satu kali dalam sehari, terutama sebelum tidur siang atau malam.

Jumat, 5 Oktober 2018

 

Manfaat Membaca bagi Si Kecil

Dalam masa pertumbuhannya, selain membutuhkan asupan nutrisi, anak juga membutuhkan stimulus untuk optimalkan perkembangan otaknya. Salah satunya adalah kegiatan membaca. Apa saja sih, gunanya aktivitas membaca bagi Si Kecil?

1. Memperkaya Kosakata Si Kecil

Di dalam buku banyak terdapat kosakata yang jarang ditemukan dalam keseharian. Dengan belajar membaca buku, Si Kecil dapat mengingat berbagai kosakata baru dan mendukung kemampuan membacanya. Tentu saja, hal ini dapat membantu Si Kecil lebih siap untuk mulai belajar di sekolah.

2. Bantu Mengembangkan Potensi Anak

Salah satu cara membuat anak cerdas adalah dengan membiasakan kegiatan membaca. Penelitian yang dilakukan oleh Melbourne Institute of Economic and Social Research pada tahun 2013, menunjukkan bahwa anak usia 4-5 tahun yang terbiasa membaca 3-5 kali dalam seminggu dapat belajar membaca enam bulan lebih cepat dibanding anak seusianya. Sedangkan anak yang membaca setiap hari dapat belajar membaca satu tahun lebih cepat dibandingkan temannya.

3. Mendukung Kreativitas

Moms perlu tahu bahwa mengajar anak membaca juga dapat membantu mengembangkan kreativitas Si Kecil. Sebab, dengan membaca ia mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan baru yang dapat melatihnya berpikir kritis, inovatif, dan kreatif, untuk menyelesaikan suatu masalah.

4. Melatih Bersosialisasi

Membaca juga berguna untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan anak dalam bersosialisasi. Ini karena anak yang rajin membaca memiliki banyak kosakata dan pengetahuan yang luas, sehingga memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Bagaimana Moms, sudah siap membiasakan Si Kecil membaca sejak dini? Untuk memulainya, Moms sebaiknya membuat jadwal membaca bersama Si Kecil. Siapkan juga beberapa buku cerita yang menarik ya, supaya Si Kecil tidak bosan untuk membaca.

Untuk mendukung kemampuan belajar Si Kecil, Moms juga perlu menjaga kondisi kesehatannya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kondisi saluran pencernannya. Untuk itu, Moms perlu memberikannya makanan sehat dan juga susu pertumbuhan. Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri  mengandung Lactobacillus reuteri untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan mendukungnya GrowHappy!

 

Yuk, dukung Si Kecil belajar membaca, Moms! Pastikan Moms dan Dads meluangkan waktu untuk mengajarkan anak membaca, ya.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.