Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Manfaat Playgroup di Umur Anak Bisa Membaca

Ini Manfaat Si Kecil Bermain & Belajar di Playgroup

 

Kapan sebaiknya mendaftarkan anak untuk main dan belajar di playgroup? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Ibu, apalagi bagi para Ibu yang baru memiliki anak.

Jumat, 14 Desember 2018

Tak hanya soal tinggi dan berat ideal anak, perihal pendidikan juga sangatlah penting. Ibu bisa mulai mendaftarkan Si Kecil ke playgroup saat ia berusia 2-3 tahun, yang merupakan umur anak bisa membaca karena sudah mulai mengenal huruf.

 

Manfaat Playgroup

Selain bisa melatih Si Kecil menjadi lebih mandiri, pendidikan usia dini ini juga dapat memberikan beragam manfaat, seperti:

1. Melatih Kemampuan Berpikir

Seorang ahli Pendidikan dari Harvard Graduate School of Education bernama Todd Grindal, mengatakan bahwa anak memerlukan stimulasi untuk mendukung perkembangan otaknya. Pengalaman selama bermain sambil belajar seperti di playgroup, menurutnya dapat melatih kemampuan berpikir anak. Apalagi, di lima tahun pertamanya, otak Si Kecil mengalami perkembangan hingga 90% dari otak dewasa.

2. Prestasi Akademik yang Lebih Baik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh organisasi Child Trends pada 2010 menemukan fakta bahwa playgroup dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi perkembangan Si Kecil. Di dalam penelitian tersebut, anak-anak yang mengikuti playgroup di usia dini menunjukkan hasil belajar yang baik di masa depan. Hal ini dapat mengurangi peluang anak tidak naik kelas, sehingga mampu membantu anak meraih prestasi akademik.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri Si Kecil Agar Siap Bersekolah

Steve Barnett, Direktur dari National Institute for Early Education Research (NIEER) di Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa sejumlah penelitian berskala besar telah menunjukkan hasil bahwa partisipasi anak pada program playgroup secara positif mempengaruhi kesiapan anak untuk bersekolah. Anak yang mengikuti playgroup pada umur anak bisa membaca dapat menerima informasi dengan lebih baik, serta terlihat mengalami peningkatan dalam perkembangan sosial dan emosionalnya.

4. Mudah Bersosialisasi & Berinteraksi dengan Lingkungannya

Penerima penghargaan Nobel dari University of Chicago, Amerika Serikat, James Heckman, mencatat bahwa manfaat jangka panjang dari memasukkan anak ke playgroup adalah meningkatnya keterampilan anak dalam berinteraksi secara tepat dan efektif dengan lingkungan sekitarnya.

Penelitian Heckman menemukan fakta bahwa playgroup adalah tempat yang tepat untuk mengajari anak keterampilan khusus seperti belajar fokus, melatih pemikiran yang lebih terbuka, serta belajar mengendalikan emosi.

 

Nah, semoga info di atas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Ibu untuk mendaftarkan Si Kecil ke playgroup, ya. Sambil memberikan stimulasi dan pendidikan yang sesuai dengan usianya, Ibu juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal.

Salah satu nutrisi penting di usia dini Si Kecil adalah protein. Selain berguna dalam menunjang pertumbuhannya, protein juga berperan untuk menyampaikan komunikasi antara syaraf-syaraf otak. Lengkapi asupan proteinnya dengan memberikan Nestlé NANkid pHPro 3 yang telah diformulasikan khusus dari Nestlé Research Centre, Switzerland, dengan kandungan protein whey terhidrolisis parsial untuk membantu optimalkan tumbuh kembangnya.

Bagaimana Bu, sudah siap mendaftarkan Si Kecil ke playgroup? Hal ini bisa membantu kesiapan belajar Si Kecil ketika memasuki umur anak bisa membaca dan berhitung.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.