Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Berikan Anak Probiotik Sesuai Rekomendasi Dokter

Ini Tandanya Bila Balita Kekurangan Asupan Probiotik

 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh Si Kecil adalah dengan menjaga keseimbangan kadar probiotik (bakteri baik) di saluran cernanya, Bu. Jika jumlah bakteri baik lebih dominan dibanding bakteri jahat (penyebab penyakit), kesehatan tubuh Si Kecil pun senantiasa terjaga.

Senin, 15 Oktober 2018

Inilah pentingnya memastikan Si Kecil mengonsumsi sumber probiotik seperti, yoghurt, tempe, keju, dan susu untuk daya tahan tubuh anak.

 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh organisasi nonprofit Inggris Cochrane Collaboration, menyimpulkan bahwa asupan probiotik dapat membantu mempercepat pemulihan diare akut. Bahkan, konsumsi probiotik yang cukup juga dapat mengurangi risiko Si Kecil menderita diare. Hal ini diungkapkan dalam studi yang dilakukan Cochrane Collaboration di tahun 2013.

 

Tanda Si Kecil Butuh Probiotik

Pemberian probiotik dapat mulai diberikan ketika anak sudah mulai mengonsumsi makanan padat, yakni setelah mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Kekurangan asupan bakteri baik dapat memengaruhi kondisi kesehatannya. Kira-kira apa saja ya, tandanya Si Kecil butuh konsumsi probiotik yang cukup? Perhatikan beberapa hal berikut ini ya, Bu:

  1. Buang air besar tidak teratur atau tidak normal
  2. Diare
  3. Sakit perut dan perut kembung
  4. Rewel berkepanjangan

Dosis Probiotik untuk Si Kecil

Bagi balita, disarankan mengonsumsi sekitar 5-10 miliar bakteri Lactobacillus untuk mencegahnya dari penyakit diare. Ibu dapat mencukupi asupan probiotik Si Kecil dengan memberikan satu cup yoghurt (sekitar 100ml), 42gr keju (sekitar delapan potongan dadu kecil), dan satu gelas susu pertumbuhan yang mengandung probiotik. Namun, saat Si Kecil terkena diare asupan probiotiknya dapat bertambah menjadi sekitar 10-100 miliar bakteri. Hal ini tentunya perlu mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Kontraindikasi

Namun dalam kondisi tertentu, balita disarankan tidak mengonsumsi probiotik. Di antaranya bagi anak dengan imunitas lemah (immunocompromised) dan juga anak yang mengalami short bowel syndrome (usus halus tidak dapat mencerna makanan dengan optimal karena mengalami kerusakan atau diangkat sebagian pasca operasi), sebab berisiko menyebabkan gangguan kesehatan Si Kecil.

Probiotik merupakan salah satu asupan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Namun, jika Ibu ragu untuk memberikan jenis probiotik tertentu, terutama yang berupa suplemen (pil atau bubuk), ada baiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Yuk, mulai sekarang, pastikan Si Kecil mengonsumsi sumber probiotik sesuai yang direkomendasikan ya, Bu!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.