Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Manfaat Inisiasi Menyusui Dini untuk Perkembangan Bayi Baru Lahir

Inisiasi Menyusu Dini, Kasih Sayang Pertama Ibu

 

Sudah tahu betapa berharganya satu jam pertama setelah kelahiran Si Kecil, kan Bu? Ini adalah momen yang tepat bagi Ibu untuk menjalin ikatan psikologis dengannya melalui Inisiasi Menyusui Dini (IMD). IMD dilakukan dengan cara meletakkan Si Kecil di atas perut atau dada Ibu, tujuannya agar ia dapat menyusu secara mandiri. 

Selasa, 26 April 2016

Tidak hanya memberikan manfaat secara psikologis saja, IMD juga penting untuk mendukung perkembangan bayi baru lahir  agar senantiasa sehat. Untuk itu, Kementerian Kesehatan RI, merekomendasikan hal ini dilakukan segera setelah Si Kecil lahir. Berikut beberapa manfaat pentingnya melakukan IMD: 

Bagi Si Kecil:

•    Menghangatkan Tubuh
Dengan cara melakukan IMD bisa membantu stabilkan suhu tubuh Si Kecil yang baru lahir, karena tubuhnya dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh Ibu yang relatif hangat. 

•    Menstabilkan Irama Napas dan Detak Jantung
Denyut jantung dan juga irama napas Si Kecil yang baru lahir perlahan-lahan menjadi normal saat berada di atas perut atau dada Ibu. Sebab, saat berada di posisi ini Si Kecil dapat merasa nyaman dan lebih tenang. 

•    Memperkuat Imun Tubuh
IMD memberi kesempatan pada Si Kecil untuk ‘menikmati’ makanan pertamanya, yaitu kolostrum. Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali, warnanya kekuningan dan teksturnya kental. Kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, kolostrum juga mengandung vitamin A, serta bantu mematangkan lapisan dan melindungi dinding usus Si Kecil yang masih lemah. 

Tak hanya manfaat kolostrum yang diperoleh Si Kecil melalui IMD, pada waktu berada di atas dada sambil menjilat-jilat kulit Ibu, Ia juga menelan bakteri baik (non patogen) yang akan berkembang biak di kulit dan saluran cernanya. Dengan begitu, Si Kecil menjadi lebih kebal terhadap bakteri penyebab penyakit (patogen) yang akan dihadapi di dunia barunya. 

Bagi Ibu:

•    Kurangi Perdarahan Setelah Bersalin
Pada waktu Si Kecil merayap di dada Ibu, kemungkinan kakinya juga sambil menendang-nendang perut Ibu secara halus. Hal ini akan merangsang kontraksi rahim, sehingga dapat membantu pengeluaran plasenta dan mengurangi perdarahan sesudah melahirkan.

•    Bantu Merangsang Produksi ASI
Saat Si Kecil berhasil menyusu secara mandiri, ini juga bisa bantu merangsang produksi ASI, sehingga Ibu dapat menyusui Si Kecil dengan lebih optimal sejak dini. Tentunya Ibu sudah mengetahui banyak manfaat ASI bagi bayi  kan, Bu? Jadi, tetap semangat untuk memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil ya, terutama di 6 bulan pertama kehidupannya. 

Nah, ternyata ada banyak manfaat yang bisa Ibu dan Si Kecil dapatkan dengan melakukan IMD. Satu hal yang perlu diperhatikan, setelah lahir Si Kecil tidak perlu segera dimandikan. Justru sebaiknya Ia segera diletakkan di atas perut atau dada Ibu untuk menyusu secara mandiri.
 
Meski rasanya hampir tak mungkin anak yang baru lahir mampu merayap di atas dada Ibunya untuk menyusu sendiri, nyatanya hampir sebagian besar Ibu sukses melakukan IMD. Sehingga, Ibu tidak perlu ragu lagi berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk melakukan IMD setelah bersalin. Yuk, berikan yang terbaik untuk Si Kecil di awal kehidupannya, Bu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.