Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ragam ide aktivitas seru untuk mendukung proses belajar Si Kecil di usia anak bisa membaca

Inspirasi Kegiatan Agar Si Kecil Bisa Cepat Membaca

 

Usia 1-2 tahun merupakan momen stimulasi motorik untuk Si Kecil. Melewati usia 2 tahun merupakan rentang usia anak bisa membaca meskipun baru dapat mengucapkan kata-kata sederhana.

Senin, 17 September 2018

Menurut Ratih Zulhaqi, psikolog anak di Klinik Terpadu, Universitas Indonesia, pada usia ini, fokus stimulasi Si Kecil berubah menjadi belajar baca dan bahasa yang merupakan persiapan Si Kecil memasuki tahap interaksi dan sosialisasi di usia 3 tahun.

Oleh sebab itu, Ibu perlu mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan cara mendidik anak yang menyenangkan, melalui berbagai aktivitas seru. Dengan demikian, proses belajar Si Kecil pun menjadi lebih asyik.

 

Ide Seru Agar Si Kecil Cepat Membaca

Jika Ibu masih belum tahu ingin melakukan apa, berikut ini adalah beberapa ide aktivitas seru untuk mendukung Si Kecil belajar membaca:

1. Buat Tempelan Kata dan Gambar

Biasakan untuk meninggalkan pesan tulisan atau gambar dalam sebuah kertas yang ditempel di kulkas. Ibu bisa meletakkan kertas dengan gambar dan nama buah yang akan dimakannya hari itu, misalnya gambar pisang dengan tulisan nama buah tersebut di bawahnya. Ibu dapat meletakkan kertas dengan gambar dan tulis yang berbeda tiap harinya. Cara ini dapat memperkaya kosakata Si Kecil.

2. Tebak Nama Benda saat Sedang di Luar Rumah

Selain menyenangkan, ternyata jalan-jalan di sekitar rumah bisa menjadi cara sederhana untuk meningkatkan kemampuan membaca Si Kecil. Sebutkan kata atau huruf yang dilihat, nama, bentuk atau warna benda yang ada di sekitar. Pada usia anak bisa membaca saat ini, Ibu bisa mengenalkan huruf vokal dulu atau kata-kata sederhana yang terdiri dari dua suku kata yang berulang, supaya Si Kecil lebih mudah mengingatnya.

3. Gunakan Musik

Musik ternyata dapat membantu Si Kecil belajar memproses kata-kata. Menurut Mary Luehrisen, direktur National Association of Music Merchants Foundation, anak yang tumbuh di lingkungan penuh dengan musik, memiliki perkembangan bahasa yang lebih cepat.

Hal ini dikarenakan musik mampu mengembangkan bagian sisi kiri otak yang bekerja dalam memproses bahasa. Ibu dapat menggunakan musik-musik dengan lirik dan rima sederhana untuk dinyanyikan bersama Si Kecil. Sebagai awal, pilihlah lagu yang berhubungan dengan keseharian.

4. Berburu Buku

Anak-anak senang dengan perburuan, dan cara ini bisa menjadi permainan yang seru. Sembunyikan buku bacaan Si Kecil di sekitar rumah. Setiap berhasil menemukan buku, ajak Si Kecil untuk membacanya bersama. Ibu dapat menggunakan buku berbeda di sesi permainan selanjutnya.

5. Ajak Si Kecil Mendengarkan Audiobook

Kini telah banyak ditemukan audiobook yang memiliki musik dan efek suara yang bervariasi, sehingga Si Kecil akan tertarik untuk membuka halaman demi halaman. Denise Johnson, seorang ahli pendidikan dari W&M School of Education Williamsburg, Amerika Serikat, mengatakan bahwa audiobook bagus untuk membantu anak belajar kosakata baru.

 

Di usia dua tahun, ukuran otak Si Kecil sudah mencapai 80% dari ukuran otaknya saat dewasa. Dukung perkembangan otak Si Kecil yang tengah menginjak usia anak bisa membaca dengan memberikan nutrisi yang cukup, salah satunya dengan susu Nestlé NANkid pHPro 3  yang mengandung protein whey terhidrolis parsial, minyak ikan, serta omega 6/asam linoleat.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.