Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Agar Pertumbuhan Gigi pada Bayi Senantiasa Sehat

Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Sedini Mungkin

(0 review)

Mengajarkan Si Kecil merawat kesehatan gigi, sebaiknya diterapkan sejak dini. Sebab, semakin awal dilakukan, semakin kecil risiko giginya alami keropos atau berlubang. 

Selasa, 26 April 2016

Umumnya, gigi Si Kecil tumbuh pertama kali di usia sekitar 5-8 bulan. Awalnya, muncul dua gigi seri tengah (gigi depan di bagian bawah). Pada perkembangan bayi 8 bulan  hingga 10 bulan, tumbuh empat gigi seri atas, yang kemudian disusul dengan tumbuhnya gigi taring di usia 16-22 bulan. Dan, pada saat usia anak dua hingga 3,5 tahun, semua gigi susunya telah tumbuh dengan jumlah 20 gigi.  

Meskipun pertumbuhan gigi pada bayi  baru tumbuh di usia 5 bulan, kebiasaan merawat gigi dan mulut bisa dimulai sejak ia berusia 4 bulan. Ibu bisa menggunakan kain basah untuk membersihkan bagian dalam mulut sambil memberi gusi sedikit pijatan. Lap bagian depan dan belakang gigi setiap kali selesai menyusu. Atau, Ibu bisa mulai menggunakan sikat gigi yang kecil dan lembut, serta air, untuk membersihkan gigi-gigi yang mulai tumbuh tersebut.  

Bila gigi Si Kecil sudah terbiasa dibersihkan, ketika giginya mulai tumbuh satu per satu nanti, ia tidak akan menolak saat diminta menggosok gigi. Nah, agar gigi Si Kecil selalu sehat  seiring dengan  pertumbuhannya, ini yang dapat Ibu lakukan:

•    Gunakan Sikat Gigi yang Aman
Sebaiknya pilih sikat gigi dengan bulu lembut dan berbentuk bulat. Sikat ini dapat membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan aman digunakan untuk Si Kecil karena tidak akan melukai gigi dan gusinya. Jangan lupa, ganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali. Ini penting, karena sikat gigi memiliki potensi sebagai tempat penumpukan bakteri (di bagian paling dasar bulu) yang bisa menyebabkan infeksi.  Usahakan juga untuk mengganti sikat gigi setelah anak mengalami flu, pilek , atau infeksi tenggorokan .  

•    Pilih Pasta Gigi Khusus
Untuk membersihkan gigi Si Kecil dengan lebih optimal, gunakan pasta gigi khusus anak yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang dan mudah keropos. Namun, perlu dicatat bahwa kandungan flouride yang aman bagi anak di bawah usia 3 tahun maksimal sebesar 1.000ppm. Informasi ini bisa dilihat pada label kemasan pasta gigi anak. Jadi, sebelum membeli jangan lupa memastikan jumlah kandungan flouride pada pasta gigi, ya. 

•    Kurangi Makanan dan Minuman Manis
Kandungan gula dari makanan atau minuman yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi, bila Si Kecil sudah berusia satu tahun, sebaiknya batasi konsumsi camilan atau minuman manis seperti permen, sirup, atau jus buah, setiap harinya.  

•    Biasakan Kunjungi Dokter Gigi
Saat Ibu melakukan pemeriksaan gigi, ajak Si Kecil untuk ikut bersama. Dengan begitu, ia jadi terbiasa ketika mengunjungi dokter gigi. Lalu, kapan waktu yang tepat baginya untuk periksa gigi ke dokter? The American Dental Association menyarankan untuk mengajak Si Kecil ke dokter gigi pertama kali setidaknya pada ulang tahun pertamanya. Dengan cara ini, dokter bisa mendeteksi sedini mungkin jika ada masalah pada gigi Si Kecil.   

Ternyata membiasakan Si Kecil untuk menjaga kebersihan gigi sejak dini itu begitu penting ya, Bu. Yuk, bantu Si Kecil tumbuh menjadi anak sehat dengan mengajarkannya kebiasaan baik ini

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.