Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Trik Ibu Cerdas Agar Si Kecil Minum Susu Pertumbuhan Balita

Jangan Cemas Bu, Berikut Ini Siasat Agar Si Kecil Tidak Bosan Minum Susu

 

Ibu tentu ingin memastikan kebutuhan protein harian Si Kecil tercukupi, agar tumbuh kembangnya optimal.

Kamis, 29 November 2018

Salah satu caranya dengan memberikan susu pertumbuhan balita setiap hari. Namun, bagaimana jika Si Kecil bosan minum susu pertumbuhan? Ibu bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal berikut ini: 

1. Siapkan Peralatan Menarik

Sajikan susu dengan bentuk gelas yang unik atau yang bergambar tokoh kartun kesayangannya. Bila Si Kecil belum memilikinya, Ibu bisa mengajaknya untuk membeli gelas minum susu. Biarkan ia memilih gelasnya, dan buat kesepakatan bahwa ia akan minum susu dengan gelas tersebut.

2. Buatkan Susu Hangat

Terkadang, anak lebih menyukai susu dalam keadaan hangat. Jadi, bila susu yang Ibu sajikan sudah terlanjur dingin, buatkan susu yang baru dengan air hangat dan segera berikan kepada Si Kecil. Susu hangat bisa jadi terasa nikmat. Di malam hari, susu hangat juga dapat membantu Si Kecil untuk tidur lebih nyenyak.

3. Sediakan Mainan Kesayangan Si Kecil

Sama seperti di waktu mandi, terkadang anak ingin melakukan aktivitas sehari-hari sambil bermain. Untuk itu, Ibu bisa letakkan mainan kesukaan Si Kecil di meja sembari menyuguhkan susu pertumbuhan balita yang telah disiapkan. Dengan demikian, Si Kecil lebih menikmati momen minum susunya, Bu.

4. Menikmati Susu Bersama Si Kecil

Untuk beberapa anak mungkin akan lebih mudah melakukan sesuatu bila diberikan contoh. Jadi, ajak Si Kecil minum susu bersama, Bu. Ibu bisa menyiapkan susu rendah lemak untuk diminum sambil berbincang bersama Si Kecil. Tanyakan pendapatnya soal rasa susu, apakah cukup hangat atau terlalu panas, dan pertanyaan lain untuk menggali seleranya soal susu.

5. Hindari Memaksa Si Kecil Minum Susu

Poin ini perlu Ibu ingat. Minum susu memang penting, tapi sebaiknya Ibu tidak memaksakannya. Sebab, bila dipaksakan, Si Kecil justru akan menganggap momen minum susu adalah momen menyebalkan, dan ia akan bersembunyi setiap Ibu memanggilnya untuk minum susu. Berikan contoh yang baik dan jadikan Ibu sebagai teladannya.

6. Campurkan dengan Sereal

Anak-anak sangat menyukai sereal. Si Kecil punya sereal kesukaan? Campurkan susu dengan sereal tersebut sebagai menu sarapannya. Sehingga, kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

7. Buat Kreasi Makanan & Minuman dari Susu

Banyak cara untuk membuat susu menjadi menu kesukaan anak. Ibu dapat mencampurkan susu menjadi smoothie, milkshake atau es loli agar Si Kecil lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

8. Ajak Si Kecil Bereksperimen

Ini adalah salah satu cara yang menarik untuk membuat anak-anak minum susu. Sediakan seperempat porsi susu untuk melakukan percobaan ini, Bu. Setelah itu, siapkan pewarna makanan dari bahan alami yang sudah disiapkan sebelumnya. Ibu dapat membuatnya dari buah naga, daun suji, semangka, atau bunga telang. Lalu, ajak Si Kecil bermain-main dengan pewarna yang dimasukkan ke dalam susu tersebut. Dengan cara ini, Si Kecil juga bisa belajar soal konsep pencampuran warna.

Jadi, sekarang sudah tidak bingung lagi menghadapi anak yang menolak minum susu kan, Bu? Semoga, beberapa cara di atas dapat membantu Si Kecil supaya mau menikmati susu pertumbuhan balita yang dibuatkan oleh Ibu. Selamat mencoba!

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.