Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Kenali Penyebab Anak Tidak Mau Makan atau Minum ASI

Jangan Panik Bu, Kenali Penyebab Si Kecil Menolak ASI di sini

 

Tentu, Ibu tahu bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi Si Kecil. Bahkan badan kesehatan dunia WHO merekomendasikan Ibu memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil selama enam bulan pertamanya. Tapi bagaimana kalau Si Kecil menolak ASI? Ibu jangan langsung panik, ya.

Sabtu, 6 Oktober 2018

 

Anak yang tidak mau menyusu ASI tak selalu menandakan ia sedang sakit. Kondisi ini sering kali disebut nursing strike atau mogok ASI, Bu. Hal ini sebenarnya mirip dengan kondisi anak ketika anak tidak mau makan.

Apa saja hal yang menyebabkan anak tidak mau menyusu ASI? Penyebabnya beragam, bisa berasal dari Si Kecil atau Ibu sendiri. Berikut ini adalah penjelasannya:


1. Penyebab dari Si Kecil

 

  • Hidung Tersumbat

Saat Si Kecil menolak minum ASI, bisa jadi ia menderita hidung tersumbat atau pilek. Untuk itu, periksakan kondisi Si Kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Gusi dan Telinga Terasa Sakit Saat Menyusu

Nutrisi yang dibutuhkan anak usia enam bulan hanya didapatkan dari ASI. Hal ini juga salah satu cara menambah berat badan anak  agar ideal. Namun, bisa jadi Si Kecil tiba-tiba berhenti menyusu karena gusi dan telinganya terasa sakit saat menelan. Untuk memastikannya, Ibu disarankan membawa Si Kecil ke dokter.

  • Infeksi Jamur

Ini bisa menjadi salah satu penyebab Si Kecil menolak ASI, karena lidah dan mulutnya mengalami infeksi jamur. Umumnya, infeksi seperti ini paling sering terjadi ketika Si baru lahir yang ditandai dengan timbulnya bercak putih di area infeksi. Bila gangguan kesehatan ini menghambat pemberian ASI, ada baiknya langsung berkonsultasi ke tenaga kesehatan ya, Bu.


2. Penyebab dari Ibu

 

  • Konsumsi Makanan Pedas atau Beraroma Kuat

Si Kecil akan langsung bereaksi terhadap sesuatu yang Ibu konsumsi, terutama untuk makanan pedas atau beraroma kuat. Sebab, rasa ASI kemungkinan akan berubah dan Si Kecil bisa jadi tidak menyukainya.

  • Perubahan Hormonal

Hormon Ibu akan berubah ketika Ibu kembali mengalami menstruasi atau hamil. Kondisi inilah yang kemudian mengubah rasa ASI dan bisa membuat Si Kecil menolaknya.

  • Stres

Ibu yang stres akan memengaruhi Si Kecil, karena anak yang menyusui memiliki ikatan yang kuat pada ibunya. Ketidaknyamanan Ibu dapat dirasakan oleh Si Kecil, shingga membuatnya rewel dan tidak mau menyusu. Jadi, sebisa mungkin ciptakan suasana yang nyaman dan happy saat menyusui Si Kecil.

  • Penggunaan Parfum atau Produk Kosmetik Beraroma Tajam

Terkadang, Si Kecil bisa saja tidak menyukai aroma wewangian yang digunakan Ibunya, baik dari parfum, kosmetik, atau pewangi pakaian. Jadi, akan lebih baik bila Ibu tidak menggunakan produk wewangian terlebih dahulu ketika menyusui Si Kecil.

  • Peradangan di Payudara

Peradangan atau mastitis bisa jadi salah satu penyebab Si Kecil menolak ASI, karena biasanya peradangan tersebut akan membuat rasa ASI berubah. Usahakan selalu membersihkan payudara sebelum Si Kecil menyusui.

 

Nah, semoga info di atas dapat membantu Ibu mencari solusi yang terbaik saat menghadapi Si Kecil yang tidak mau menyusu. Saat sudah berusia enam bulan ke atas, Si Kecil disarankan untuk mulai diberikan MP-ASI karena ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Namun, kalau anak tidak mau makan , Ibu disarankan konsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan saran terbaik.

Ibu juga bisa dapatkan berbagai informasi lainnya seputar perawatan Si Kecil sejak lahir, termasuk tips mengatasi anak tidak mau makan dan engan bergabung menjadi anggota ASTS. Yuk, gabung sekarang di Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat, Bu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.