Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ada Beberapa Cara Mendidik Anak Menekuni Hobi

Jangan Sepelekan Hobi

 

Setiap anak tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk juga Si Kecil. Ada anak yang pintar menggambar, menyanyi, menari, pandai bermain  bola, main musik dan sebagainya.

Selasa, 26 April 2016

Inilah yang disebut dengan bakat. Nah, bagaimana dengan Si Kecil di rumah, apakah Ibu sudah mengenali bakat yang dimilikinya?

Apa pun hobi atau minat sang buah hati, tugas Ibu adalah memberikan dukungan yang terbaik kepadanya. Karena dengan membantunya memiliki hobi dan mengembangkan bakat, dapat bantu meningkatkan kemampuan belajar dan menjadi salah satu cara mengatasi anak pemalu.  Lalu bagaimana cara mengenalkan Si Kecil dengan hobi dan mendukung bakatnya? Ikuti beberapa tipsnya di bawah ini. 

Kenalkan Beragam Hobi 
Ajak Si Kecil untuk melakukan berbagai aktivitas baru dengan cara yang seru, misalnya menggambar menggunakan cat warna, mengunjungi museum, atau membaca buku cerita bersama. Kegiatan ini penting untuk dilakukan, karena ia dapat mengenal berbagai kegiatan yang dapat dipilihnya menjadi sebuah hobi dan juga membantu mengenali bakatnya. Namun perlu diingat, semua jenis kegiatan yang dipilih haruslah menyenangkan untuk Si Kecil. Jadi, jangan memaksakan ia untuk melakukan hobi tertentu ya, sebab ini belum tentu disukai Si Kecil.

Ajari Si Kecil Mengutarakan Pendapatnya
Di usia yang masih dini, Si Kecil bisa saja memiliki hobi yang berubah-ubah di masa tumbuh kembangnya. Untuk itu, Ibu perlu mengajarkan ia berani mengutarakan pendapatnya tentang kegiatan yang disukai. Misalnya, Ibu bisa bertanya apakah ia senang saat bernyanyi atau permainan apa yang paling disukai. Dengan begitu, Ibu bisa mengenal hal-hal apa saja yang diminati Si Kecil dan mendukung ia untuk menekuni hobinya sejak dini.

Ajak Si Kecil Melakukan Hobinya di Dalam Grup
Bila perlu ajak Si Kecil melakukan hobinya bersama anak-anak seusianya di berbagai kelompok belajar, seperti sanggar menggambar, menari, atau bernyanyi. Sehingga, ia lebih bersemangat untuk menekuni hobi dan mengembangkan bakatnya.

Selalu Berikan Perhatian Pada Si Kecil
Ini juga tidak kalah penting, sebab dengan selalu memberikan perhatian lebih terhadap sesuatu yang ia senangi bisa membuatnya merasa dihargai dan membantunya memaksimalkan potensinya.

Sering Mengajak Si Kecil Bermain
Beragam permaian dapat melatih Si Kecil untuk mengenali hobi dan bakatnya. Jadi, luangkan waktu untuk bermain bersama, mulai dari main susun balok, bercerita menggunakan boneka, atau bermain ular tangga.

Setiap orang tua mungkin memiliki keinginan agar sang buah hati memiliki bakat atau potensi di bidang tertentu. Namun, ini semua tergantung dari karakteristik anak dan cara mendidiknya. Peran orang tua dalam mendidik  anak tentunya sangat penting, salah satunya memberikan dukungan untuk menekuni hobi dan mengembangkan bakat sesuai minatnya.

Nah, jangan sepelekan soal hobi Si Kecil, karena hal ini dapat membantu optimalkan tumbuh kembangnya dan menjadi bekal untuk memaksimalkan potensinya di masa depan. Yuk, dukung terus hobi Si Kecil, Bu

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.