Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Madu hanya dapat dijadikan menu makanan bayi di atas 1 tahun

Kapan Si Kecil Boleh Diberikan Madu?

 

Seiring dengan perkembangan usia dan kemampuan Si Kecil dalam mencerna makanan, Ibu bisa lebih banyak berkreasi dengan menu MP ASI maupuan camilannya, misalnya dengan menambahkan bahan makanan baru. Nah, salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai campuran menu untuk Si Kecil adalah madu.

Selasa, 26 April 2016

Seiring dengan perkembangan usia dan kemampuan Si Kecil dalam mencerna makanan, Ibu bisa lebih banyak berkreasi dengan menu MP ASI maupuan camilannya, misalnya dengan menambahkan bahan makanan baru. Nah, salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai campuran menu untuk Si Kecil adalah madu.

Madu merupakan cairan lengket dan manis yang dibuat lebah madu dari nektar bunga. Madu termasuk makanan yang sangat sehat karena terdiri dari 70-80% gula, air, mineral, protein dan lainnya. Selain itu, madu juga mudah diserap oleh tubuh. Cairan manis ini juga biasa dikonsumsi sebagai obat, seperti untuk mengurangi batuk, flu, sariawan, dan untuk menaikkan berat badan.

Amankah Madu untuk Si Kecil?

Melihat banyaknya manfaat madu, Ibu tentu ingin segera memberikannya pada Si Kecil sebagai makanan bayi. Padahal, ternyata madu baru cocok diberikan pada Si Kecil yang berusia satu tahun ke atas, lho.

Mengapa begitu? Seperti yang sudah Ibu ketahui, ketika berusia di bawah setahun, pencernaan Si Kecil belum berfungsi dengan sempurna dan masih rentan sekali. Nah, madu dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan pencernaannya.  

Madu berpotensi mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang didapat ketika lebah mengambil makanan dari tanah atau tumbuhan. Bakteri ini dapat mengeluarkan senyawa yang menyebabkan keracunan pada Si Kecil yang belum berusia setahun. Namun, hal ini tidak berbahaya untuk ia yang sudah  berusia di atas 12 bulan dan juga untuk orang dewasa, karena sistem pencernaannya sudah berkembang dengan lebih sempurna.

Mengonsumsi madu juga tidak boleh terlalu banyak. Selalu batasi asupannya sesuai dengan kesehatan dan kadar gula dalam darah. Normalnya, madu sebaiknya tidak dikonsumsi melebihin 10 sendok teh atau sekitar 50 ml dalam sehari. Jika berlebihan, madu dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah, menimbulkan sakit perut seperti diare, dan menimbulkan sakit gigi. 

Bahkan, Si Kecil juga bisa menjadi hiperaktif jika mengonsumsi terlalu banyak madu. Hal ini dikarenakan rasa manisnya mampu membuat jantung memompa darah lebih cepat, sehingga Si Kecil akan lebih aktif bergerak. Tingginya kadar gula di dalam tubuh bisa membuat buah hati kecil Ibu merasa lelah, lemas, dan terus-terusan mengantuk. Tentu saja hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya, bukan?

Menu Madu untuk Si Kecil

Nah, jika sudah tahu usia yang tepat untuk mengonsumsinya, kini saatnya Ibu berkreasi dengan menu makanan bayi 1 tahun  menggunakan madu. Apa saja menu mengandung madu yang bisa Ibu berikan untuk Si Kecil?

• Madu Murni
Berikan madu pada Si Kecil satu sendok teh dalam sehari. Ini dapat membantu menguatkan tubuhnya dan melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkannya.

• Campurkan dalam Minuman
Madu juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk minuman, seperti susu. Jika Si Kecil sudah berusia lebih besar, Ibu bisa berkreasi membuat jus atau smoothie sebagai camilan atau dessert lezat untuknya.

• Campurkan dengan Oatmeal atau Bubur Bayi
Madu bisa jadi penambah rasa yang manis dan lezat untuk oatmeal atau bubur bayi Si Kecil. Sebagai alternatif, Ibu bisa juga memberikan Nestlé CERELAC Bubur SUSU Kurma Madu, yang mengandung zat besi, zink, vitamin A, dan vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Selalu ingat ya Bu, bahwa madu sebaiknya dikonsumsi oleh Si Kecil yang telah berusia 12 bulan ke atas, bahkan sebaiknya tunggu hingga ia sudah tumbuh dan berkembang lebih besar lagi untuk memberinya madu dalam jumlah lebih banyak. Konsultasikan juga ke tenaga ahli apabila Ibu memiliki pertanyaan lebih lanjut. Selamat mencoba!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.