Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Perkembangan bayi 8 bulan ditandai dengan Si Kecil yang mulai melangkah

Kapan Si Kecil sudah Bisa Berjalan?

(0 review)

Ibu pasti setuju bahwa salah satu pencapaian terpenting dalam kehidupan Si Kecil adalah saat ia sudah mulai belajar berjalan. Rasanya tak sabar melihat ia melangkah hati-hati ke arah Ibu sambil tersenyum gembira. 

Selasa, April 26th, 2016

Biasanya, kemampuan ini baru akan dimulai sekitar usia 8 hingga 10 bulan, khususnya ketika ia mulai terbiasa untuk duduk, berguling, dan merangkak. Dengan banyak berlatih melakukan kegiatan tersebut, perkembangan kekuatan otot dan koordinasinya meningkat. Sehingga, ia akan mulai kuat untuk berdiri sambil berpegangan pada benda, lalu akhirnya berdiri sendiri.

Proses Belajar Berjalan

Nah, ketika ia sudah berani untuk berdiri sendiri, kini saatnya ia mulai belajar melangkah. Sedikit demi sedikit, Si Kecil akan mencoba melangkah sambil berpegangan pada sesuatu, seperti furnitur yang bisa dijangkau atau tangan Ibu. Biasanya, tahap ini terjadi seiring dengan perkembangan bayi 8 bulan , dilanjutkan hingga usia 10 bulan. Lalu, dengan terus melatih keseimbangan dan kepercayaan diri, biasanya Si Kecil akan bisa berjalan sendiri di usianya yang pertama.

Namun, dikarenakan kemampuan tiap anak berbeda, bisa saja Si Kecil baru mulai belajar berjalan di usia 17-18 bulan. Ibu tak perlu terlalu khawatir. Hal ini biasanya terjadi karena Si Kecil belum terlalu fasih merangkak pada fase perkembangan bayi 6 bulan  dan lebih memilih untuk menyeret tubuhnya saat ingin bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Nah, supaya Ibu lebih memahami proses perkembangan latihan berjalan Si Kecil, simak beberapa poin berikut, yuk!

•    Usia 8-10 Bulan
Setelah Si Kecil sudah melewati fase belajar merangkak, ia akan mulai berdiri sambil memegang benda di sekitar rumah dan sedikit demi sedikit melangkah untuk perpindah posisi. Jika sudah berani, mungkin ia akan melepas pegangannya dan berdiri sendiri. Jangan khawatir jika kemudian ia terjatuh, Bu, karena hal itu wajar terjadi. Pastikan saja lingkungan sekitar aman dari benda-benda yang dapat membahayakan.

•    Usia 10-12 Bulan
Saat Si Kecil sudah bisa berdiri tanpa perlu memegang benda, kini ia mulai bisa berjongkok dan menekuk lututnya untuk duduk setelah berdiri. Di usia ini, dukung juga ia untuk mulai berani melangkah dengan berpengan pada tangan Ibu, sehingga ia semakin terbiasa berjalan.

•    Usia 13 Bulan ke Atas
Sekarang Si Kecil sudah bisa berjalan sedikit-sedikit tanpa bantuan sama sekali meskipun belum stabil sepenuhnya. Tapi tenang saja, Bu. Hal ini hanya berarti ia harus terus latihan berjalan. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan sendirinya ia akan lancar berjalan, bahkan berlari dan melompat. Kalau sudah begitu, jangan pusing jika rumah mulai berantakan ya, Bu.

Dukung Si Kecil Latihan Berjalan

Untuk membantunya, Ibu dapat melakukan beberapa rangsangan agar ia bisa belajar lebih cepat.
•    Saat Si Kecil berdiri, pegang kedua tangannya dan bimbing ia berjalan sedikit demi sedikit ke arah Ibu.
•    Jika ia mulai berani, lepaskan pegangan sambil tetap mengulurkan tangan ke arahnya. Jangan lupa juga untuk menyemangatinya agar berani berjalan dan tidak takut jatuh.
•    Saat belajar jalan, biasakan agar Si Kecil tidak menggunakan alas kaki untuk membantunya menyesuaikan keseimbangan dan menjaga koordinasi. Itulah mengapa belajar jalan lebih baik dilakukan di rumah saja.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan lingkungan di mana Si Kecil latihan berjalan, sehingga ia tak terbentur benda berbahaya. Selamat melatih Si Kecil berjalan, Bu!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review