Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Merangkak merupakan tahapan perkembangan bayi yang penting di usia 6 bulan.

Kapan Si Kecil Sudah Bisa Merangkak?

(0 review)

Senangnya melihat Si Kecil sudah tumbuh semakin besar dan pintar! Bagi para Ibu yang memerhatikan tahap tumbuh kembangnya, mungkin sudah menanti-nanti kapan Si Kecil akan mulai bisa berjalan. 

Selasa, April 26th, 2016

Namun, sebelum lancar untuk berjalan, Si Kecil tentu akan mengalami fase yang dinamakan “merangkak”. Fase ini merupakan langkah awal Si Kecil dalam menggerakkan badannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Umumnya, fase merangkak ini terjadi pada tahap perkembangan bayi 6 bulan  sampai 9 bulan. Pada usia ini, otot perut, kaki, dan tangan Si Kecil sedang berkembang menjadi semakin kuat.

Cara Merangkak yang Berbeda

Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki tahapan dan cara merangkak yang berbeda-beda. Sebaiknya Ibu tetap memerhatikan dan mendukungnya untuk terus berlatih, salah satunya adalah dengan menambah pengetahuan tentang merangkak. Nah, menurut situs zerotothree.org, ada lima cara Si Kecil belajar bergerak atau merangkak. Berikut caranya:

1.    Normal: Tangan dan lututnya berjalan bergantian.
2.    Kepiting: Satu lututnya menekuk terlebih dahulu, baru kaki yang satunya bergeser ke depan.
3.    Tentara: Menggunakan perut sebagai tumpuan saat tangan menyeret tubuh ke depan, layaknya sedang latihan militer.
4.    Berguling: Seperti batu, dia menggunakan seluruh tubuhnya untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Jika melakukan ini, pastikan Si Kecil di berada di tempat yang aman ya, Bu.
5.    Lompat kelas: Tanpa perlu merangkak, Si Kecil telah langsung belajar berdiri dan berjalan.

Beberapa anak ada yang memulai fase merangkak tepat pada saat usianya 6 bulan. Namun, ada juga beberapa anak yang memulainya saat usianya lebih dari 10 bulan. Ibu tak perlu khawatir dulu. Dalam kebanyakan kasus, terlambatnya Si Kecil merangkak disebabkan karena ia lebih tertarik untuk melakukan keterampilan dan gerak lainnya daripada merangkak, seperti menggenggam barang atau berguling.

Pada beberapa anak, mereka lebih tertarik untuk duduk dan mengasah kemampuan visualnya atau menyentuh dengan tangan mereka. Namun, jika hal ini terus berlanjut hingga usia 1 tahun dan Si Kecil masih belum dapat merangkak, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisinya.

Dukung Si Kecil Latihan Merangkak

Selain melihat dengan penuh rasa kagum dan menyemangatinya, tentu ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan agar Si Kecil semakin lancar merangkak.

•    Sejak dini, coba latih Si Kecil untuk berbaring pada perutnya. Hal ini akan membantunya untuk mengembangkan otot bahu, tangan, punggung, dan torso, yang akan digunakan untuk berlajar merangkak.
•    Pancing Si Kecil dengan meletakkan mainan kesukaannya beberapa jarak di depannya. Coba lihat apa ia akan berusaha meraihnya.
•    Pastikan Si Kecil berlatih di tempat yang aman. Saat berlatih merangkak di atas tempat tidur, misalnya, tetap perhatikan ia agar tak terjatuh dari pinggir kasur.
•    Bantu ia saat berlatih merangkak dengan memegangi kakinya, sehingga ia punya tumpuan untuk maju ke depan.
•    Karena kini ia butuh energi lebih untuk bergerak, ASI saja mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena itu, tambahkan dengan makanan pendamping ASI usia 6 bulan. Pastikan juga MP-ASI tersebut bersih dan sehat ya, Bu.

Dalam pertumbuhan normal, fase merangkak ini umumnya akan sempurna ketika usia Si Kecil mencapai 1 tahun. Karena itu, dukung terus dan berikan perhatian khusus pada setiap perkembangan Si Kecil ya, Bu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review