Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ikatan batin demi tingkatkan kecerdasan emosional anak

Kedekatan dengan Ibu Penting untuk Kecerdasan Emosional Anak

 

Tahukah Ibu? Agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, bukan hanya kecerdasan otak dan fisiknya yang perlu diasah, tapi juga kecerdasan emosional anak. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan membangun kedekatan Ibu dan Si Kecil.

Selasa, 10 Juli 2018

Apa saja keuntungan Ibu dekat dengan Si Kecil dan bagaimana cara Ibu bisa mempererat ikatan batin tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

 

Pentingnya Ibu Dekat dengan Si Kecil

Bukan cuma secara fisik, Ibu perlu menjalin kedekatan emosional dengan Si Kecil. Apa saja manfaatnya untuk Si Kecil? Berikut beberapa di antaranya:

  • Si Kecil Lebih Positif, Mandiri & Percaya Diri

Menurut penelitian Institute of Child Development, University of Minnesota, ikatan emosional yang kuat antara Ibu dan Si Kecil dapat memengaruhi perkembangan psikologis dan sosial Si Kecil di masa depan. Anak yang dekat dengan orang tuanya cenderung lebih mandiri dan percaya diri.

  • Si Kecil Lebih Tahan Menghadapi Stres

Dengan menjalin ikatan batin dengan Si Kecil, Ibu memberikan “perlindungan” saat ia harus menghadapi situasi yang sulit. Penelitian lain dari Institute of Child Development, University of Minnesota, menyebutkan bahwa kedekatan orang tua menghasilkan anak yang lebih berani menghadapi hal baru atau tidak terduga. Meskipun takut, Si Kecil tetap merasa aman, karena tahu bahwa ada Ibu yang akan selalu melindunginya.

  • Si Kecil Lebih Kuat & Sehat

Deepak Chopra, penulis buku Magical Beginnings, Enchanted Lives: A Holistic Guide to Pregnancy and Childbirth mengatakan kedekatan Ibu dengan Si Kecil dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan. Senyuman, pelukan, dan sentuhan Ibu dapat memberikan stimulasi yang baik pada hormon, saraf, jantung, dan bagian tubuh lainnya dari Si Kecil.

 

Cara Memperat Ikatan Batin Ibu dan Si Kecil

Kuncinya adalah pastikan selalu ada momen berkualitas bersama Si Kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan hingga dewasa. Apa saja yang bisa Ibu lakukan? Berikut inspirasi yang bisa Ibu terapkan.

Sejak di Dalam Kandungan

Tahukah Ibu, ikatan emosional sudah bisa dijalin ketika Si Kecil masih di dalam perut? Meskipun belum lahir di dunia, Si Kecil sudah bisa merasakan segala hal yang Ibu lakukan. Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan kasih sayang Ibu pada Si Kecil. Ibu dapat mengajaknya mengobrol, mendengarkan musik bersama, atau mengelus-elus perut Ibu untuk membuatnya merasa nyaman. Tidak jarang Si Kecil memberikan reaksi dengan sedikit bergerak atau menendang kecil. Interaksi sederhana ini pelan-pelan dapat membangun ikatan emosional antara Ibu dan anak.

Ketika Baru Lahir

Beberapa jam pertama setelah lahir, biasanya Si Kecil cukup sensitif dengan sekitarnya. Ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mulai membangun ikatan emosional dengan Si Kecil. Sentuhan, pelukan, dan suara Ibu bisa menenangkan Si Kecil yang masih beradaptasi dengan lingkungan barunya. Momen menyusui juga bisa jadi cara untuk membuat Ibu lebih dekat dengan Si Kecil. Ibu disarankan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama sejak ia lahir. Cara lain adalah melalui berbagai aktivitas lain yang memungkinkan kontak langsung antara Ibu dan Si Kecil, seperti menggendong, menyanyi, membacakan cerita, menatap, dan bicara dengan Si Kecil. Walau belum bisa bicara, Si Kecil bisa jadi membalas Ibu dengan tatapan, senyuman atau ekspresi wajah tertentu.

Usia 1 – 3 Tahun

Momen ini merupakan periode emas Si Kecil, Bu. Inilah saat sel-sel sarafnya berkembang pesat. Ia penasaran dengan berbagai hal di sekitarnya. Di sinilah peran Ibu untuk terus mendampingi proses belajarnya. Berikan ia stimulasi melalui permainan-permainan yang dapat menstimulasi perkembangan motoriknya, misalnya permainan lempar bola. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Ibu juga perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi Si Kecil. Salah satunya adalah dengan memberikan camilan sehat. Ibu bica coba Nestlé CERELAC NutriPuffs rasa Banana & Strawberry atau rasa Banana & Orange yang tinggi zat besi dan vitamin B1. CERELAC NutriPuffs juga dibuat dengan bentuk yang sesuai dengan ukuran jari Si Kecil, sehingga membantu Si Kecil melatih kemampuan untuk makan sendiri (self-feeding) sekaligus kemampuan motoriknya.

Di Atas Usia 3 Tahun

Melewati usia tiga tahun, Si Kecil mulai menyadari dirinya sebagai seorang individu. Seiring pertumbuhan fisik dan emosionalnya, Si Kecil mengembangkan kemampuan untuk melakukan berbagai hal sendiri dan mulai memiliki keinginan sendiri.  Perhatian dari Ibu bisa jadi dianggap sebagai batasan. Yang perlu Ibu lakukan adalah menanamkan pada Si Kecil bahwa Ibu melakukannya demi melindunginya. Pelan-pelan, berikan pemahaman pada Si Kecil mengenai berbagai aturan yang Ibu terapkan padanya. Kepercayaan dari Si Kecil bahwa Ibu melindunginya, dapat memperkuat ikatan Ibu dan Si Kecil.

Kedekatan emosional dengan Si Kecil tidak dapat dibangun dalam waktu singkat. Perlu kesabaran, serta banyak trial & error. Namun Ibu tetap harus semangat melakukannya demi mendukung tumbuh kembang fisik dan kecerdasan emosional anak, serta menjaga keharmonisan hubungan Ibu dan Si Kecil.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.