Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui Berbagai Jenis Bercak Merah pada Kulit Anak

Kenali Berbagai Tanda Lahir di Kulit Si Kecil

 

Bercak merah pada kulit anak  bisa jadi merupakan tanda lahir Si Kecil, Bu. Ada berbagai jenis tanda lahir yang dapat muncul dengan berbagai bentuk dan ukuran di kulit Si Kecil.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedsc., dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, tanda lahir adalah komponen kulit yang jumlahnya berlebih. “Komponen tersebut bisa berupa pembuluh darah, sel pigmen, folikel rambut, atau kelenjar keringat,” jelasnya.

Kamis, 4 Oktober 2018

 

Tanda lahir ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh, dan bentuknya pun bervariasi. Ada yang permanen, bisa bertambah besar dari waktu ke waktu, atau bahkan menghilang dengan sendirinya. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Salmon Patches

Ciri-cirinya tampak bercak merah pada kulit anak atau juga bisa berwarna ungu kecokelatan yang melebar di permukaan kulit. Kasus tanda lahir ini merupakan yang paling banyak terjadi, Bu. Setidaknya, sekitar 70% anak yang lahir memiliki satu atau lebih tanda lahir ini di tubuhnya. Salmon patches yang terletak di leher bisa bertahan hingga dewasa, sementara yang di dahi mungkin akan hilang ketika Si Kecil berusia dua tahun.

 

  1. Café au Lait Spots’

Tanda lahir ini berwarna cokelat muda. Umumnya muncul di antara lipatan tubuh Si Kecil. Sekitar 20-50% anak memiliki setidaknya satu atau dua bercak seperti ini pada kulitnya. Seiring pertumbuhan Si Kecil, biasanya tanda lahir ini akan memudar atau mengecil.

 

  1. Mongolian Spots

Tandanya berupa bintik-bintik kebiruan atau keabu-abuan. Biasanya muncul di area punggung atau pantat Si Kecil. Bintik tersebut kemungkinan besar memudar dalam waktu dua tahun. Hanya kurang dari 3% kemungkinannya berlanjut hingga dewasa. Jadi, Ibu tak perlu khawatir.

 

  1. Port-wine Stains

Tanda lahir yang satu ini berwarna merah muda pucat atau ungu gelap, dan dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Umumnya lebih sering muncul di area wajah atau kepala. Port-wine stains sebagian besar bertahan dan ukurannya akan semakin membesar saat anak tumbuh.

 

  1. Hemangioma

Tanda lahir ini terdapat dalam dua jenis, yakni sebagai berikut:

  • Strawberry Hemangiomas

Bintik merah pada badan anak ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, namun paling sering ditemukan di wajah, kulit kepala, punggung, atau dada. Tanda lahir ini berbentuk gumpalan pembuluh darah yang kecil dan padat, lalu kemungkinan besar hilang pada saat anak berumur 10 tahun.

  • Cavernous Hemangiomas

Berbeda dengan strawberry hemangiomas, bercak ini muncul pada jaringan kulit yang lebih dalam dengan warna merah kebiruan berisi darah. Tanda lahir jenis ini dapat menghilang dengan sendirinya, biasanya saat anak mendekati usia remaja.

Apakah Tanda Lahir Berbahaya?

Saat Si Kecil baru lahir, bercak yang muncul pada kulit biasanya langsung diperiksa oleh dokter untuk mengetahui jenisnya dan menentukan penanganan bila diperlukan. Meski kebanyakan tanda lahir tidak berbahaya, namun Ibu disarankan memeriksakan Si Kecil ke dokter jika tanda lahir terasa gatal, sakit, dan terjadi infeksi. Untuk tanda lahir lain seperti tahi lalat, sebaiknya periksakan kondisinya sepanjang waktu saat terjadi perubahan ukuran, warna, atau tekstur, Bu. Ini untuk memastikan apakah tahi lalat tersebut berisiko berkembang menjadi kanker kulit.

 

Semoga dengan mengetahui info seputar bercak merah pada kulit anak ini, dapat membantu Ibu untuk memberikan perawatan terbaik bagi Si Kecil

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.