Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Anak Susah Makan? Bunda, Ini Solusinya!

Kenali Penyebab GTM dan Cara Mengatasinya

 
Atasi anak susah makan dengan kiat berikut ini!

Jumat, 31 Januari 2020

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil tentu mulai mengeksplorasi jenis makanan baru. Namun, perlu Bunda ketahui bahwa pada masa-masa ini ada kemungkinan anak susah makan hingga mengalami GTM atau gerakan tutup mulut. Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi, sehingga Bunda bisa melakukan antisipasi agar tumbuh kembang Si Kecil tetap berjalan optimal.

  1. Tekstur Makanan Kurang Tepat Tahukah, Bunda?
    Tahapan pemberian makanan pada Si Kecil ada aturannya. Jadi, Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang tepat. Memberikan makanan dengan tekstur yang tidak tepat dengan pertumbuhan Si Kecil justru bisa membuatnya malas makan atau bahkan trauma.
  2. Jumlah Makanan Terlalu Banyak
    Sebagai permulaan, Bunda bisa memberikan porsi kecil untuk Si Kecil. Mengapa? Ukuran lambung Si Kecil yang mungil hanya dapat menampung sedikit makanan. Jadi, Bunda tak perlu memaksakan Si Kecil harus makan banyak. Nah, agar lebih mudah dalam memberikan porsi makan yang tepat untuk Si Kecil, Bunda dapat menyajikan Nestlé CERELAC bubur susu dengan porsi makan sesuai saran penyajian, yang sudah disesuaikan dengan porsi makan anak usia 6-24 bulan. Nestlé CERELAC bubur susu
    merupakan MPASI terfortifikasi yang terbuat dari bahan alam pilihan, ditambahkan 11 Vitamin dan 5 Mineral, serta dijaga kualitasnya dengan ketat dan disesuaikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. Nestlé CERELAC bubur susu juga bisa bantu memenuhi hingga 65% kebutuhan Zat Besi Si Kecil, Bunda.
  3. Stres Saat Makan
    Bunda, usahakan untuk menciptakan momen makan sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi Si Kecil. Bunda dapat menyajikan menu kesukaan Si Kecil dalam peralatan makan bergambar kartun favoritnya. Jauhkan juga momen makan Si Kecil dari gangguan, seperti televisi, hewan peliharaan, atau mainan. Beberapa hal tersebut bisa memecah konsentrasi Si Kecil saat makan.
  4. Bosan dengan Variasi Makanan
    Bukan tak mungkin Si Kecil bosan dengan menu yang Bunda sajikan. Mungkin maksud Bunda baik, ingin memberikan menu bernutrisi tinggi untuk buah hati tercinta. Tapi, terkadang niat ini justru bisa membuat anak mengalami GTM. Supaya menu yang disajikan lebih variatif, Bunda juga bisa memilih berbagai varian Nestlé CERELAC Bubur Susu. Bila Si Kecil bosan dengan makanan bercita rasa gurih, Bunda bisa menyiapkan Nestlé CERELAC Bananalicious atau Nestlé CERELAC Honey and Dates yang manis. Sebaliknya, bila Si Kecil bosan dengan makanan manis, Bunda bisa menyajikan Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew atau Nestlé CERELAC Steam Chicken with Veggies yang gurih.
  5. Kenyang dengan Camilan
    Ada kalanya, Si Kecil enggan makan karena masih kenyang dengan camilan yang ia lahap. Oleh sebab itu, jika waktu makan tiba dan Si Kecil belum melahap makanan utamanya, sebaiknya Bunda tidak menawarkan camilan. Selain itu, hindari menawarkan makanan ringan sebelum atau setelah makan. Lebih baik, atur jadwal makan Si Kecil dan tetapkan kapan waktunya mengonsumsi camilan. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi Si Kecil tetap terpenuhi.

Penyebab GTM bisa beragam dan proses makan sendiri adalah salah satunya. Menurut IDAI (Ikatan Dokter anak Indonesia), penyebab tersering anak susah makan adalah perilaku makan yang tidak tepat atau peran orang tua dalam memberikan menu makanan yang tidak sesuai dengan usianya. Hal ini kerap terjadi pada masa penyapihan atau saat pemberian MPASI. Oleh sebab itu, Bunda perlu mencari informasi yang tepat terkait hal ini, ya.

Sumber:

https://www.babycentre.co.uk/a1008600/how-to-cope-with-feeding-a-fussy-toddler
http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/gerakan-tutup-mulut-gtm-pada-batita
https://id.theasianparent.com/mengatasi-gtm-pada-bayi

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.