Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Kenali Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

(0 review)

Rasanya tidak sabar ya ingin melihat sosok Si Kecil yang mungil di dalam rahim, Bu. Saat ini, momen berharga ini hanya bisa didapatkan saat Ibu melakukan pemeriksaan USG di klinik atau rumah sakit bersalin. Menyaksikan perkembangan janin dari hasil pemindaian USG, bisa jadi membuat Ibu takjub sekaligus bahagia, apalagi bila dokter memastikan bahwa kesehatan ibu hamil dan janin dalam kondisi yang baik dari hasil pemeriksaan ini.

Kamis, 3 Agustus 2017

Nah, saat ini tersedia beberapa tipe pemeriksaan USG untuk kehamilan tergantung dari teknologi yang digunakan dan hasil yang diharapkan. Ada pemeriksaan USG 2D, 3D, dan juga 4D. Apa saja sih perbedaannya dan mana yang lebih cocok dilakukan di trimester pertama kehamilan? Yuk, simak info selengkapnya di sini!

Mengenal USG

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan jenis USG kehamilan , ada baiknya Ibu mengenal lebih dulu tentang USG dan bagaimana cara kerjanya. USG atau ultrasonografi merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk memindai organ tubuh bagian dalam manusia dengan bantuan gelombang suara. Saat pemeriksaan USG kehamilan, pertama-tama dokter akan menempelkan alat bernama transducer di area perut Ibu. Alat ini berfungsi untuk memancarkan gelombang suara ke dalam rahim Ibu. Di dalam rahim, gelombang suara tersebut akan memantul. Nah, pantulan suara ini kemudian diubah oleh komputer menjadi sebuah gambar yang menampilkan sosok janin. Dari hasil pemindaian ini dokter dapat memeriksa kesehatan dan posisi janin, serta mendeteksi berbagai masalah seputar kehamilan.

USG 2 Dimensi (2D)

Pemeriksaan USG 2D biasanya diterapkan saat Ibu memasuki trimester awal kehamilan. Saat melakukan proses USG pertama kali, Ibu mungkin berharap bisa melihat bagaimana rupa Si Kecil di dalam rahim. Namun, hasil pemindaian USG 2D di awal kehamilan belum tampak jelas dan menampilkan gambar hitam putih yang hanya dimengerti oleh dokter. Meski begitu, USG 2D penting dilakukan di trimester pertama untuk mengetahui jumlah janin, menganalisa detak jantung janin, memeriksa organ tubuh awal seperti bagian kepala, dan memastikan perkembangan janin dalam kondisi normal.

USG 3 Dimensi (3D)

Pemindaian kandungan dengan teknologi 3D memungkinkan Ibu untuk melihat fisik dan organ vital bagian dalam Si Kecil dengan lebih detail dan akurat dalam format tiga dimensi. Tapi sebaiknya pemeriksaan USG 3D dilakukan setelah usia kandungan memasuki 26 minggu hingga 30 minggu, supaya Ibu bisa mengetahui jenis kelamin dan melihat anggota tubuh Si Kecil. Mulai dari melihat permukaan kulit Si Kecil, bentuk mulut dan hidungnya, hingga mengintip ekspresi wajahnya saat pemeriksaan berlangsung. Betapa mengagumkan ya, Bu!

USG 4 Dimensi (4D)

USG ini tidak hanya dapat menghasilkan gambar anggota tubuh janin yang detail dan akurat dari berbagai sudut, tapi juga dapat merekam gerakannya di dalam kandungan, seperti gerakan tangan dan kaki, sampai ekspresi wajahnya saat tersenyum atau sedang menguap. Hasil pemindaian ini bisa jadi buah tangan yang tak terlupakan di masa kehamilan ya, Bu. Pemeriksaan USG 4D disarankan dilakukan di usia kehamilan 26 minggu hingga 30 minggu, untuk menganalisis kondisi anggota tubuh janin dengan lebih akurat. Contohnya, menggunakan USG ini, dokter dapat mendeteksi bila janin mengalami bibir sumbing.

Nah, sekarang Ibu sudah lebih memahami perbedaan dari beberapa tipe USG kehamilan kan? Jadi, Ibu bisa memilih tipe USG yang sesuai dengan kebutuhan dan saran dari dokter. Selain itu, Ibu tidak perlu khawatir untuk melakukan pemeriksaan USG 2D, 3D, atau 4D, ketiganya dinilai aman bagi kesehatan Ibu dan kandungan karena begitu minim menimbulkan risiko radiasi. Namun, lembaga kesehatan di Inggris, Health Protection Agency (HPA), menyarankan agar semua jenis pemeriksaan USG dilakukan oleh ahlinya (sonografer) sesuai dengan rekomendasi dokter kandungan.

Melalui pemeriksaan USG, Ibu dapat memastikan kesehatan ibu hamil dan janin senantiasa terjaga. Dengan begitu, Ibu dapat menjalani masa kehamilan yang sehat dan happy, sehingga dapat mendukung Si Kecil kelak lahir menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review