Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Kenali Perkembangan Memori Si Kecil Usia 1-2 Tahun

 

Senangnya, Si Kecil bisa mengucapkan kata sederhana seperti, “Ma” atau “Pa”! Kata pertama yang diucapkan oleh Si Kecil, merupakan tanda bahwa perkembangan memorinya berjalan dengan pesat. Seiring proses tumbuh kembang anak, memori Si Kecil pun terus berkembang. Pada dua tahun pertama misalnya, ia mengingat semua hal yang baru dipelajarinya dengan cara melihat, menyentuh, dan mendengarkan.

Senin, 12 Maret 2018

Lantas, perkembangan memori apa saja ya, yang dialami Si Kecil di dua tahun pertamanya? Yuk, baca informasi berikut ini!

 

Mengenali Bahasa

Di usia 1-2 tahun, Si Kecil belajar mengucapkan kosa kata yang ia pahami. Mula-mula, ia akan mengerti beberapa kata benda, seperti ”mobil”, ”buku”, ”rumah”, atau ”meja”. Tak hanya itu, ia juga mulai mengenal sebutan anggota tubuh seperti kepala, tangan, dan kaki. Kemudian, ia akan memahami arti kata kerja, seperti ”makan” atau ”lari”, serta kata sifat, misalnya ”besar”, ”kenyang”, dan sebagainya.

Meningkatnya Rasa Ingin Tahu

Dengan jarinya, Si Kecil mungkin menunjuk benda yang jauh dari pandangan matanya dan menanyakan kepada Ibu, disebut apakah benda tersebut. Oleh sebab itu, Ibu perlu mendukung rasa ingin tahu Si Kecil dengan memberikan jawaban yang mudah ia mengerti. Dengan begitu, ia mulai mengingat nama-nama benda yang telah disebutkan oleh Ibu.

Memahami Perintah

Si Kecil juga akan mengerti beberapa petunjuk sederhana yang sering digunakan oleh Ibu, seperti ”Yuk, tidur” atau “Tangkap bola itu!”. Selain itu, berikan penjelasan sederhana kepadanya mengenai alasan yang mendasari perintah Ibu. Misalnya, jelaskan bahwa Si Kecil harus mencuci tangan sebelum makan agar ia tidak mudah sakit. Dengan cara ini, Si Kecil akan mengingat pentingnya mencuci tangan dan melakukannya dengan rutin.

Memecahkan Masalah

Kemampuan kognitif yang terus berkembang membuat Si Kecil mulai belajar memecahkan masalah sederhana, misalnya saat mencocokkan gambar atau menyusun balok mainan. Permainan seperti ini dapat melatih daya ingat, kemampuan berpikir, dan bantu meningkatkan kecerdasan anak.

Mengenali Konsep Waktu

Di tahap tumbuh kembang ini, Si Kecil mulai mengingat konsep waktu sederhana, seperti pagi, siang, dan malam. Meskipun Si Kecil belum mengerti waktu yang sesungguhnya, Ibu dapat mengenalkannya melalui rutinitas yang dilakukan. Contohnya, mengajak Si Kecil untuk menyikat gigi sebelum tidur, ini berarti ia akan mengingat bahwa malam hari telah tiba.

Mengingat Fungsi Benda

Ibu dapat melibatkan Si Kecil dalam kegiatan sehari-hari untuk melatih daya ingatnya. Misalnya, memahami kegunaan piring dan sendok untuk makan, air dan sabun untuk mandi, atau handuk untuk mengeringkan tubuh.

Betapa mengagumkan ya Bu, mengetahui perkembangan memori Si Kecil di usia 1-2 tahun. Yuk, share info penting tentang tumbuh kembang anak ini kepada Ibu lainnya, agar para Ibu dapat mendukung Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.