Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Kenali Rutinitas Si Kecil Usia 1-3 Tahun

 

Menyenangkan ya menyaksikan perkembangan Si Kecil di usia 1-3 tahun, Bu. Di masa pertumbuhan ini, rasa keingintahuannya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar semakin tinggi. 

Rabu, 3 Agustus 2016

Selain itu, pola pikir atau emosionalnya pun semakin berkembang. Hal ini mendorong Ibu dan juga Ayah untuk menerapkan pola pengasuhan yang lebih baik, demi mendukung tumbuh kembang Si Kecil lebih optimal. 

Sebelum mulai menerapkan pola pengasuhan bagi Si Kecil, mari kita pahami dulu rutinitasnya di usia 1-3 tahun.

• Pola Tidur: Berkurang menjadi sekitar 11-12 jam dalam sehari.

• Pola Makan: Mulai mengikuti pola makan keluarga, 3 kali makan ditambah 2 kali camilan di antara waktu makan.

• Aktivitas Fisik: di antaranya, berjalan tanpa bantuan, mulai berlari, menjatuhkan mainan ke wadah, dan menendang bola.

Seperti Ibu pahami, Si Kecil yang berusia 1-3 tahun lebih banyak melakukan aktivitas fisik dalam rutinitasnya. Selain itu, sesuai dengan perkembangan emosionalnya, Si Kecil juga mulai memilih mana aktivitas dan makanan yang disukainya. Oleh karena itu, pola pengasuhan disiplin perlu diterapkan oleh Ibu. Agar Si Kecil tetap sehat dan dapat tumbuh dengan optimal. Berikut beberapa hal kedisiplinan yang bisa Ibu terapkan kepada Si Kecil usia 1-3 tahun.

•    Disiplin Waktu Tidur 
Pola tidur yang kurang berkualitas bisa menyebabkan Si Kecil kelelahan. Jadi, sebaiknya ajari Si Kecil untuk disiplin dalam waktu tidur dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, membaca buku dongeng atau menyanyikan lagu pengantar tidur.

•    Disiplin Waktu Bermain 
Di luar waktunya untuk tidur dan makan, ajak Si Kecil untuk melakukan permainan yang mampu menstimulasi kemampuan motorik dan kecerdasannya. Seperti, menyusun balok, menyusun puzzle, dan petak umpet. 

•    Disiplin Waktu Makan
Anak usia 1-3 tahun membutuhkan energi sebesar 1.000 kkal. Untuk mencukupi kebutuhan energinya maka Si Kecil perlu disiplin makan dengan prinsip gizi seimbang. Di samping itu, disiplin waktu makan dengan menu bervariasi juga perlu diterapkan untuk membantu Si Kecil agar tidak pilih-pilih makanan.
 
Berikan makanan bergizi seimbang untuk menunjang semua aktivitas Si Kecil usia 1-3 tahun. Bantu lengkapi kebutuhan gizi  Si Kecil dengan memberikan Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri, yang mengandung kalsium, vitamin A, zat besi, dan Lactobacilus Reuteri, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.