Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Kenalkan Variasi Makanan dengan Stimulasi Pancaindera

 

Variasi makanan penting untuk mencukupi kebutuhan gizinya setiap hari dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Misalnya menu makanan yang terdiri dari nasi, ikan, tempe, bayam, dan pepaya. 

Kamis, 4 Agustus 2016

Namun, terkadang meskipun sudah membiasakan si Kecil mengonsumsi beragam makanan, ia tetap saja susah makan. Untuk mengatasi masalah ini, Ibu bisa melakukan pengenalan bermacam bahan makanan dengan cara menstimulasi pancainderanya. Ikuti tipsnya berikut ini, Bu!

•    Indera Penciuman 
Ajak Si Kecil untuk mencium aroma makanan yang Ibu siapkan, lalu tanya apakah ada makanan yang aromanya serupa. Setelah itu, Ibu bisa menjelaskan bahwa aroma makanan yang telah dimasak ini membuat Ibu juga ingin menyantapnya.

•    Indera Penglihatan
Saat membantu menyiapkan makanan, biarkan Si Kecil melihat bahan makanan sebelum dimasak. Lalu jelaskan padanya tentang warna, bentuk, dan ukurannya masing-masing. Ketika makanan telah diolah, tanyakan padanya apakah ada perubahan bentuk, ukuran, dan juga warna. 

•    Indera Pendengaran
Ketika Ibu sedang memotong atau mengiris bahan makanan, ajak Si Kecil untuk mendengarkan suara yang timbul. Misalnya, saat mengiris daun bawang dan memotong tomat akan menimbulkan suara yang berbeda.  

•    Indera Peraba
Saat mengajaknya membantu menyiapkan makanan di dapur, biarkan Si Kecil menyentuh dan merasakan tekstur makanan yang berbeda. Contohnya, memegang buah pepaya yang telah dipotong, atau kentang yang telah dikupas. 

•    Indera Pengecap
Latih Si Kecil untuk menjelaskan rasa makanan yang telah Ibu buat di rumah, apakah rasanya manis, asin, atau mungkin asam. 

Melatih kelima pancaindera Si Kecil saat melakukan aktivitas mengolah makanan di rumah ini, bisa jadi salah satu cara yang seru agar dirinya mau mengonsumsi menu makanan baru. Selain itu, menurut studi dari Penn State College of Agricultural Sciences, kegiatan ini juga dapat membantunya meningkatkan kepekaan pancaindera, menambah kosa katanya, dan melatih perkembangan kognitifnya. 

Saat menstimulasi pancainderanya untuk mengenalkan beragam makanan, jangan lupa mencukupi nutrisi tubuhnya dengan makanan yang bergizi seimbang. Tambahkan Nestlé LACTOGEN ActivGro 4, kandungannya yang diperkaya dengan minyak ikan dan zat besi membantu menunjang berbagai aktivitas Si Kecil, sehingga dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan lebih optimal. 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.