Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Manfaat Susu Anak untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Kenapa Si Kecil Perlu Minum Susu Pertumbuhan?

 

Dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) Kementerian Kesehatan RI, Si Kecil direkomendasikan untuk mendapatkan asupan 50% buah dan sayur, dan 50% sisanya terdiri dari karbohidrat serta protein.

Selasa, 12 Februari 2019

Susu anak merupakan salah satu sumber protein yang baik. Oleh karena itu, Ibu boleh memasukkan susu ke dalam menu harian Si Kecil untuk membantu memenuhi kebutuhan proteinnya.

Memasuki usia satu tahun, kebutuhan nutrisi Si Kecil semakin bertambah. Ia perlu mendapatkan asupan gizi dari beragam sumber makanan bergizi. Salah satunya adalah susu pertumbuhan.

Kandungan Susu

Sebagai salah satu sumber protein bagi Si Kecil, protein dalam susu merupakan zat yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otot dan juga pembentukan daya tahan tubuh. Selain protein, susu anak mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya. Menurut Dr. Amanda Powell dari Diabetes and Nutrition Department di Boston Medical Center, Amerika Serikat, setidaknya di dalam susu terdapat sembilan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil:

  • Kalsium: membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang Si Kecil.
  • Protein: zat pembangun organ tubuh Si Kecil.
  • Potassium: mendukung fungsi pembuluh darah dan jaringan otot.
  • Magnesium: mendukung fungsi sistem saraf dan daya tahan tubuh.
  • Fosfor: menjaga kepadatan tulang dan gigi.
  • Vitamin D: membantu optimalkan pertumbuhan tulang
  • Vitamin B12: membantu mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh.
  • Vitamin A: menjaga kesehatan mata Si Kecil.
  • Vitamin B2: membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak, dan mengubahnya menjadi energi.

Berapa Banyak Susu yang Disarankan Dikonsumsi dalam Sehari?

Manfaat susu dapat diperoleh secara optimal jika diberikan pada Si Kecil secara teratur. Berdasarkan PUGS yang disusun oleh Kementerian Kesehatan RI, Ibu disarankan memberikan Si Kecil yang berusia balita setidaknya satu gelas susu per hari.

Bantu Penuhi Asupan Nutrisi Si Kecil

Konsumsi susu setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, terutama asupan kalsium dan lemak. Dalam satu gelas susu, terdapat 300 mg kalsium, sedangkan balita membutuhkan setidaknya 500 mg kalsium per hari. Selain itu, dalam satu cangkir susu juga dapat membantu menambah asupan vitamin D Si Kecil sebanyak 6,5% per hari.

Menurut Jaringan Kesehatan Wanita dan Anak di Australia, sebagian besar anak di bawah usia lima tahun mendapatkan 70% kebutuhan kalsium mereka dari asupan susu. Namun, untuk melengkapi pemenuhan kebutuhan selain susu, Ibu juga dapat memberikan Si Kecil yoghurt dan keju.

Bagaimana Bu, apakah Si Kecil sudah minum susu anak hari ini? Yuk, bantu Si Kecil penuhi kebutuhan gizi hariannya, supaya Ibu dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.