Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Ketahui Manfaat Tahu untuk Si Kecil

 

Manfaat tahu untuk Si Kecil mungkin jarang diketahui oleh para Ibu. Makanan seperti daging biasanya lebih menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Namun, sebenarnya tahu yang bertekstur lembut dan mudah didapatkan ini memiliki manfaat yang dibutuhkan bagi pertumbuhan Si Kecil, lho, Bu.

Rabu, 3 Agustus 2016

Hal ini karena tahu terbuat dari kacang kedelai, yang mengandung beberapa zat gizi yang berguna bagi tubuh. 

Kandungan gizi dalam tahu yang bermanfaat untuk Si Kecil: 

• Protein
Tahu merupakan salah satu sumber protein. Zat gizi ini sangat berguna bagi pertumbuhan sel dan jaringan. Kekurangan protein pada masa balita dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat.

• Serat
Manfaat tahu untuk Si Kecil lainnya adalah serat. Selain buah dan sayur, ternyata tahu adalah salah satu makanan yang mengandung serat. Serat berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil. Asupan serat yang cukup membantu si Kecil mencegah konstipasi.

• Zat Besi
Setiap  1 buah besar tahu (100 g) mengandung mengandung 3.4 mg zat besi. Konsumsi tahu dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi Si Kecil usia 6-12 bulan yang cukup tinggi, yaitu 11 mg/hari. Kekurangan zat gizi ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. 

• Kalsium
Kalsium tidak hanya dapat diperoleh dari susu. Tahu juga ternyata mengandung tinggi kalsium. Setiap 100 gram tahu mengandung 223 mg kalsium. Zat gizi ini bermanfaat untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. 

Mengolah Tahu untuk Si Kecil

Wah, ternyata banyak juga, ya, manfaat yang dikandung tahu. Tidak hanya penuh manfaat, makanan yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau ini rasanya juga enak, sehingga Si Kecil pasti suka. Jadi, coba masukkan tahu ke dalam menu hariannya, sebagai salah satu menu makanan pendamping ASI saat usia Si Kecil sudah di atas 8 bulan.

Agar lebih menarik, coba olah tahu dengan cara yang berbeda, contohnya kreasi omelet tahu. Dengan menggabungkan tahu dan telur, tentunya nutrisi yang akan ia dapatkan bisa lebih banyak lagi. Selain itu, tekstur omelet tahu yang tidak sulit untuk dikunyah sangat cocok untuk Si Kecil. Yuk, Bu, tidak usah ragu untuk membuatkan kreasi ini sebagai menu sang buah hati, apalagi setelah mengetahui manfaat tahu untuk Si Kecil!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.