Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui info seputar motorik halus Si Kecil sejak lahir dan perkembangan bayi 8 bulan.

Ketahui Tahapan Perkembangan Motorik Halus Si Kecil di Bawah 1 Tahun

 

Ada saja hal baru yang menarik perhatian Bunda ketika Si Kecil hadir dalam kehidupan Bunda. Apa yang bisa ia lakukan ketika mencapai usia 6 bulan? Apa saja perkembangan bayi 8 bulan?

Rabu, 26 September 2018

Bunda disarankan untuk mengamati tumbuh kembang Si Kecil dari waktu ke waktu. Dengan begitu, Bunda dapat memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat untuk Si Kecil sesuai usia dan kebutuhannya saat ini. Salah satu hal yang cukup menonjol di usia 0-12 bulan adalah perkembangan motorik halusnya, terutama saat ia mulai mengonsumsi MP-ASI setelah berusia di atas enam bulan. Penasaran apa saja perkembangannya? Berikut beberapa di antaranya, Bun:

1. Usia 0-2 bulan

Di usia ini, jari kecilnya akan lebih banyak terlihat mengepal. Jika Bunda meletakkan jari di telapak tangan Si Kecil yang baru lahir, ia akan langsung menggenggam jari Bunda.  Kemampuan motorik halus Si Kecil dapat dilatih dengan cara memberikan mainan lembut untuk melatih jemari Si Kecil.

Tahap menggenggam, serta membuka dan menutup jari ini refleks dilakukan bayi baru lahir, hingga usia delapan minggu pertama. Refleks ini akan berkurang saat Si Kecil menginjak usia tiga bulan.

2. Usia 3-4 bulan

Koordinasi mata dan tangan Si Kecil mulai terlihat di usia ini. Ia sudah bisa melihat mainan di depannya, dan akan berusaha untuk meraihnya. Saat Bunda memberikan Si Kecil mainan, ia mungkin hanya bisa menyentuhnya, atau mampu memegangnya selama beberapa detik saja.

Di tahap ini, Bunda dapat menstimulasi motoriknya dengan menggantungkan mainan di atas Si Kecil yang sedang terlentang. Dengan begitu, Si Kecil dapat melatih koordinasi mata dan tangan, serta jari-jarinya. 

3. Usia 4-8 bulan

Pada usia empat bulan, Si Kecil sudah dapat menggenggam erat benda-benda besar, seperti mainan balok. Pada rentang usia ini, ia juga mulai meraih benda dan berusaha memasukkannya ke mulut.

Mengingat ia sudah mampu meraih benda di sekitarnya, untuk keamanan Si Kecil, pastikan Bunda menjauhkan Si Kecil dari benda-benda yang dapat membahayakannya, misalnya mainan kecil yang bisa membuatnya tersedak jika dimasukkan ke mulut, atau benda-benda tajam atau mudah pecah.

Memasuki tahap perkembangan bayi 8 bulan, Si Kecil bisa dibiarkan menggenggam makanannya sendiri sebagai stimulasi. Bunda dapat memberikan makanan bertekstur lembut. Meski demikian, Bunda tetap perlu mengawasi saat Si Kecil makan.

4. Usia 9-12 bulan

Kapan bayi bisa duduk? Kemampuan ini biasanya sudah terlihat ketika ia berusia 5-6 bulan, meskipun masih ditopang. Seiring bertambahnya usia, punggung dan lehernya akan semakin kuat menahan tubuhnya saat duduk. Pada usia sembilan bulan, Si Kecil sudah lebih mantap untuk duduk sendiri. Selain itu, koordinasi mata dan tangannya pun berkembang pesat. Ia bisa jadi senang menjatuhkan barang kemudian mengambilnya kembali, dan mengulangi hal yang sama.

Setelah melewati tahap perkembangan bayi 8 bulan, Si Kecil sudah bisa dibiarkan makan dan memegang sendok sendiri sebagai stimulasi untuk motorik halusnya. Untuk mendukung nutrisinya, Bunda bisa memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal yang hadir dengan berbagai varian rasa, serta mengandung 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.