Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Kolostrum adalah salah satu manfaat ASI yang paling penting bagi bayi

Kolostrum, Imun Pertama Si Kecil

(0 review)

Momen mendekap Si Kecil untuk pertama kali di pelukan Ibu tentu merupakan momen yang sangat membahagiakan, ya. Namun tahukah Ibu? Saat setelah melahirkan tersebut adalah saat yang paling tepat untuk segera menyusui Si Kecil. 

Selasa, April 26th, 2016

Hal ini karena pada saat itulah tubuh Ibu memproduksi kolostrum dalam ASI, yang sangat berharga bagi kesehatan dan imun Si Kecil. Apa itu sebenarnya kolostrum? Bagaimana sebaiknya cara yang tepat saat menyusui untuk pertama kalinya? Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Momen Awal Menyusui

Untuk Ibu yang baru pertama kali menyusui, tak perlu bingung di momen awal laktasi. Inilah yang disebut dengan saat Inisiasi Menyusu Dini (IMD), yaitu memberi kesempatan pada Si Kecil untuk menyusu sendiri segera setelah ia lahir. Caranya cukup dengan meletakkan Si Kecil di kulit dada atau perut Ibu, lalu biarkan ia mencari puting, dan kemudian ia akan menyusu sampai puas. Proses ini dapat berlangsung minimal satu jam pertama setelah Si Kecil lahir. Untuk memaksimalkan manfaat ASI bagi bayi , sebaiknya Ibu segera menyusui setelah melahirkan.

Lebih Lanjut tentang Kolostrum 

Nah, di tahap awal setelah kelahiran ini, produksi ASI masih berupa cairan bening keemasan yang agak kental, dalam jumlah hanya beberapa puluh cc saja. Cairan inilah yang disebut dengan kolostrum. Produksinya biasanya hanya berlanjut beberapa hari setelah kelahiran, sebelum menjadi ASI biasa yang lebih cair dan berwarna putih.

Kolostrum mengandung zat kekebalan, vitamin A, dan faktor-faktor penting untuk pertumbuhan Si Kecil di momen awalnya di dunia. Selain itu, kolostrum juga mencegah penyakit bayi kuning dan mengurangi risiko alergi. Cairan ini juga mengandung lebih banyak mineral, garam, serta nitrogen, dibandingkan ASI yang diproduksi Ibu 5 – 7 hari setelah melahirkan. Jumlah proteinnya tiga kali lipat lebih banyak, yang berfungsi untuk menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan manusia hingga dewasa. Selain itu, di dalam kolostrum terdapat juga zat antibodi yang disebut immunoglobulin, yang berguna sebagai proteksi Si Kecil dari berbagai virus dan bakteri.

Karena proses pembentukan antibodi pada Si Kecil dimulai dari sistem pencernaan, kolostrum menjadi sangat penting dan ideal untuk menjadi asupan pertamanya sejak awal. Hal ini karena kolostrum lebih mudah dicerna Si Kecil yang saluran cernanya belum berfungsi dengan sempurna. Wah, ternyata kolostrum penting sekali, bukan?

Dukung Kesehatan Si Kecil Sejak Dini

Selain melindunginya sejak awal dengan segera menyusuinya dengan kolostrum, Ibu juga bisa mulai menjaga kesehatan Si Kecil bahkan sejak sebelum ia lahir dan masih berbentuk janin. Caranya tentu saja adalah dengan memerhatikan tumbuh kembangnya di kandungan dan mengonsumsi asupan yang tepat dan sehat selama mengandung. Pada saat perkembangan janin 3 bulan, misalnya, organ tubuh Si Kecil seperti otak sudah mulai terbentuk. Karena itu, Ibu sebaiknya mengonsumsi makanan yang bisa mendukung kecerdasan otaknya.

Untuk membantu mendukung kesehatan Si Kecil sejak dini, sebaiknya Ibu mengonsumsi dua gelas Nestlé MOM&me dalam sehari. Susu kehamilan dan menyusui ini mengandung banyak nutrisi penting, termasuk asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kelainan bawaan pada janin, seperti gangguan perkembangan otak dan spina bifida atau kelainan tulang punggung.

Mendukung kesehatan Si Kecil sejak awal bisa dilakukan mulai dari ia masih dalam kandungan, hingga momen awal ia menyusui. Karena itu, jangan ragu untuk memberikannya ASI eksklusif hingga minimal enam bulan pertama kehidupannya, karena ASI adalah asupan terbaik untuk Si Kecil.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review