Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Kuatkan Sistem Imun Si Kecil

(4 review)

Kuatkan sistem imun Si Kecil memang menjadi cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan sang buah hati. Sejak berusia satu tahun ke atas, risiko ia terkena penyakit jadi lebih besar. Apalagi jika Si Kecil sudah mulai aktif bermain dan mengenal dunia luar. Namun, bukan berarti ia harus terus berada di dalam rumah. Justru daya tahan tubuhnyalah yang harus ditingkatkan!

Selasa, Desember 8th, 2015

Sistem imun, atau yang dikenal juga dengan sebutan imunitas, adalah sistem pertahanan yang akan melindungi tubuh ketika ada mikroorganisme asing yang mencoba masuk. Jika sistem imun Si Kecil baik, bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuhnya akan dilawan sehingga sulit untuk berkembang menjadi penyakit.

Agar selalu sehat, Si Kecil sebaiknya mengonsumsi makanan yang tepat, karena sistem imun dapat dipengaruhi oleh nutrisi. Apa saja, ya, asupan yang baik untuk kuatkan sistem imun Si Kecil?

Vitamin A, C, dan E

Selain baik untuk tumbuh kembangnya, buah dan sayur juga dapat bantu kuatkan sistem imun Si Kecil, karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

  • Buah-buahan yang berwarna cerah seperti jeruk dan stroberi sangat kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Kandungan karoten dalam wortel juga berguna dalam membantu pembentukan sel darah putih yang bertugas melawan bakteri.
  • Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalam sayur seperti bayam dan brokoli juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel. 
  • Vitamin E juga baik bagi sistem imun karena berfungsi meningkatkan produksi sel antibodi dalam tubuh. Ibu bisa mendapatkannya dari buah alpukat.

Coba berikan Si Kecil buah-buahan dalam bentuk potongan kecil yang sesuai dengan ukuran mulut mungilnya. Masukkan juga sayuran dalam menu MP-ASI Si Kecil yang kini sudah mulai bisa mengonsumsi makanan yang bervariasi. Menu makan yang berwarna-warni tentunya akan lebih menarik perhatian Si Kecil, Bu!

Vitamin D

Tidak hanya berguna untuk pertumbuhan tulang, vitamin D ternyata juga sangat baik untuk kuatkan sistem imun Si Kecil. Vitamin D akan membantu tubuh dalam melawan infeksi dan mencegah pengembangan penyakit.

Pastikan Si Kecil mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, telur, keju, dan susu yang difortifikasi agar tak cepat sakit. Selain dari makanan, sumber vitamin D adalah cahaya matahari. Oleh sebab itu, usahakan untuk sering mengajak Si Kecil beraktivitas di luar rumah, seperti berjalan-jalan di taman atau berenang.

Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang banyak terdapat di dalam tubuh manusia. Bakteri ini berguna untuk kesehatan karena dapat mencegah terjadinya infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Probiotik juga dapat mencegah penyakit pencernaan yang rentan menyerang Si Kecil, seperti diare dan konstipasi.

  • Yogurt adalah makanan segar yang kaya akan bakteri baik dari jenis Lactobacillus dan Bifidobacterium, yang bermanfaat untuk saluran pencernaan. Selain merupakan alternatif yang lebih sehat daripada es krim, mengonsumsi yogurt dapat menguatkan sistem imun Si Kecil karena akan meningkatkan produksi sel darah putih
  • Asupan lain yang kaya akan probiotik adalah Nestlé Cerelac. Kandungan probiotik Bifidobacterium lactis di dalamnya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, khususnya kesehatan saluran pencernaannya. Dengan banyak pilihan rasa, MP-ASI ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkannya.

Tahukah Ibu? Sumber probiotik yang paling alami adalah ASI! Karena itu, sangat dianjurkan untuk memberikan Si Kecil ASI eksklusif selama enam bulan pertamanya, agar sistem imunnya sudah terbangun dengan sehat sejak dini. Meneruskan pemberian ASI ditambah dengan MP-ASI yang mengandung nutrisi seimbang adalah cara tepat agar Si Kecil tak cepat sakit!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

4 review

Rabu, 4 Januari 2017 - 19:01

Selfiaqie

menambah pengetahuan buat sikecil

0 dari 0 orang berpendapat bahwa review ini bermanfaat

Rabu, 23 November 2016 - 12:20

Missh

2 dari 2 orang berpendapat bahwa review ini bermanfaat

Selasa, 27 September 2016 - 13:15

Tika

menambah pengetahuan

3 dari 3 orang berpendapat bahwa review ini bermanfaat

Sabtu, 18 Juni 2016 - 10:27

Aqila

Bagussss

5 dari 5 orang berpendapat bahwa review ini bermanfaat