Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
kurma-bukan-hanya-buah-tradisi-ramadhan

Kurma, Bukan Hanya Buah Tradisi Ramadan

 

Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera, merupakan buah yang populer di bulan puasa. Kandungan gula alami di dalamnya cukup tinggi, sehingga mengonsumsi kurma mampu mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa. Kurma juga termasuk buah yang mudah diolah.

Kamis, 26 Mei 2016

Tak hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk buah basah atau kering, kurma juga bisa dicampurkan ke dalam sereal, puding, roti, kue kering, atau sebagai taburan es krim dan yogurt. 

Di balik kepopulerannya sebagai makanan khas puasa, kurma ternyata memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat banyak. Itu sebabnya, kurma sebenarnya bisa menjadi buah andalan keluarga Ibu sepanjang tahun, tidak hanya saat bulan puasa. Ini dia kelebihan kurma:

  1. Sebagai Sumber Energi
    Seperti telah disebutkan di atas, kurma memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan umumnya berasal dari jenis glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kandungan gula yang tinggi ini membuat kurma merupakan sumber energi instan setelah seharian berpuasa. Tapi, tak perlu khawatir, Bu. Kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma diimbangi dengan kadar lemak yang rendah (sekitar 2,90%), sehingga kurma aman untuk jantung dan orang yang memiliki riwayat hipertensi.
     
  2. Sumber Mineral
    Secara umum, mineral berfungsi untuk membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta berperan dalam mengatur tekanan darah. Kurma kaya akan mineral-mineral penting, di antaranya kalium yang berfungsi dalam memelihara kontraksi otot (termasuk otot jantung), memelihara sistem saraf, menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh, serta membantu menurunkan tekanan darah.

    Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ekstra kalium dapat menjaga dinding arteri tetap elastis dan berfungsi normal, sehingga pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa konsumsi 400 mg kalium dapat menurunkan risiko stroke sebesar 40%. Selain kalium, kurma juga mengandung mineral penting lainnya seperti kalsium dan zat besi.
     
  3. Sumber Vitamin
    Kurma mengandung berbagai vitamin, di antaranya vitamin A, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), vitamin C dan vitamin E. Semua vitamin itu memiliki berbagai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu dan keluarga.

Setelah melihat berbagai manfaat kurma di atas, kini Ibu tak perlu ragu untuk memasukkan kurma ke dalam menu sehari-hari, kan? Selamat mencoba!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.