Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Latih Anak Menyuap Bubur Bayi Sehat

Latih Anak Makan Sendiri

 

Remah-remah biskuit terlihat menempel di rambut Si Kecil. Bubur beras merah yang jadi menu makanannya hari itu, juga membuat mulut dan pipinya celemotan. Inilah pemandangan yang kerap terlihat saat Ia mulai belajar untuk makan sendiri.

Selasa, 26 April 2016

Tapi, sebaiknya Ibu jangan langsung panik dan memarahi Si Kecil, ya. Justru Ibu perlu mendukungnya makan secara mandiri sejak dini. Mengapa ini begitu penting?

Ternyata, melatih anak untuk makan sendiri sejak dini itu banyak manfaatnya, lho. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyarankan agar orang tua melatih anak makan sendiri sejak usia dini. Tak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, kebiasaan makan sendiri juga mengajarkan anak mengendalikan porsi makanan yang dikonsumsi dengan melihat berapa banyak Ia mengambil makanan dan menghabiskannya. Lalu kapan sebaiknya mulai mengenalkan Si Kecil makan sendiri, dan bagaimana cara melatihnya di rumah? Coba ikuti beberapa tipsnya di bawah ini:

•    Usia 10 Bulan
Perkembangan bayi 10 bulan  bertambah pesat, khususnya kemampuan motorik halusnya. Ia sudah bisa mengambil potongan kecil makanan dan menyuapkannya ke dalam mulut. Menurut Vermont Department of Health, di usia ini Si Kecil sebaiknya mulai dilatih untuk makan sendiri. Caranya pilih camilan bertekstur lembut, misalnya biskuit, keju, atau buah seperti pisang dan pepaya. Lalu, potong makanan menjadi ukuran yang kecil. Simpan makanan dalam wadah lalu letakkan di kursi makan Si Kecil. Dengan cara ini, lama kelamaan, Ia akan menyadari bahwa makanan tersebut untuk dimakan dan mulai mengambilnya menggunakan tangan. 

•    Usia 12 Bulan
Pada usia 12 bulan, Si Kecil siap untuk makan sendiri menggunakan sendok. Untuk  mendukungnya makan secara mandiri, sambil menyuapi Si Kecil, beri sendok yang bisa ia genggam sendiri. Perbolehkan Ia mengambil makanan dengan sendoknya. Untuk mempermudah Si Kecil menyuap makanan ke dalam mulut menggunakan sendok, Ibu bisa pilih menyiapkan menu bubur bayi sehat . Salah satunya, Nestlé CERELAC  yang dibuat dengan proses CHE (Carbohydrate Hydrolysed Enzimatically) sehingga mudah dicerna oleh Si Kecil, dan juga lebih bertekstur untuk melatihnya mengunyah makanan.  

•    Usia 18 Bulan
Perlihatkan pada Si Kecil cara Ibu menyuap makanannya dengan sendok. Lalu, minta ia melakukan hal yang sama. Jika berhasil, jangan lupa berikan Si Kecil pujian. Dengan latihan ini, Si Kecil bisa semakin percaya diri untuk memegang sendok dan menyuap makanan sendiri di usia 18 bulan, lho. Tapi, pastikan Ibu memilih peralatan makan plastik yang bebas dari bahan kimia berbahaya, dan pilih sendok yang terbuat dari bahan lembut agar tidak melukai gusi Si Kecil.   

Yang tidak kalah penting, Ibu harus selalu mengawasinya saat belajar makan sendiri. Jangan sampai Ia terlalu banyak melahap makanan ke dalam mulut karena ini bisa menyebabkannya tersedak dan mungkin malah memuntahkan makanannya. Maka, ajari pula Si Kecil menyuap dan mengunyah makanan secara perlahan.

Nah, mengajari Si Kecil untuk makan secara mandiri memang tidak mudah. Apalagi kesabaran Ibu juga selalu diuji dengan cara makannya yang menyebabkan makanan pindah ke tangan, wajah, baju, bahkan mengotori meja dan juga lantai rumah. Namun, tetap semangat untuk melatihnya untuk makan sendiri ya Bu, karena ini semua adalah proses belajar Si Kecil. 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.