Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dukung Bayi Bicara

Latih Kemampuan Bicara Si Kecil dengan Aktivitas Ini!

 

Si Kecil belum mulai berbicara? Hal ini bisa jadi membuat Bunda khawatir. Namun sebenarnya, kemampuan Si Kecil berbicara tidak bisa didapat secara instan. Orang tua dan anggota keluarga yang lainnya harus melatih dan berperan aktif mengajarkan Si Kecil berbicara. Menurut ahli patologi bahasa dari Atlanta Speech School, Janet Felice, orang tua punya peranan paling penting dalam perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara Si Kecil. Semakin sering Bunda mengajak ngobrol dan melatih bayi bicara , semakin mudah nantinya anak berbicara. Nah, berikut ini adalah bebercapa cara melatih anak berbicara yang bisa diterapkan sehari-hari.

Minggu, 30 September 2018

 

Ajak Mengobrol

 

Menurut The American Academy of Pediatrics, sekitar usia dua tahun Si Kecil seharusnya bisa mengucapkan 2-3 kalimat. Ia juga mulai mengerti instruksi sederhana dan suka mengulang kalimat yang didengarnya. Tentunya hal itu sulit terjadi kalau Bunda tidak pernah mengajaknya mengobrol. Coba Bunda ajak Si Kecil berbicara selayaknya orang dewasa secara bertatapan. Pastikan Si Kecil fokus terhadap gerakan bibir dan ucapan Bunda. Lama-kelamaan buah hati akan meniru ucapan Bunda. Pastikan lafal dan intonasi Bunda juga benar, ya.

 

Dengarkan Ucapannya

 

Memang Si Kecil belum jelas mengucapkan kalimat yang diucapkannya. Namun, bukan berarti Bunda tidak perlu memperhatikannya. Ketika bayi bicara , Bunda harus mendengarkannya. Lalu, berikan ia respon supaya tahu kalau diperhatikan. Walau ucapannya belum jelas, Si Kecil akan merasa percaya diri karena Bunda memperhatikannya. Jika ini dilakukan berulang kali, Si Kecil akan terlatih untuk berbicara. 

 

Jangan Baby Talk

 

Terkadang, Bunda terlalu gemas terhadap Si Kecil yang berceloteh dan melafalkan kata-kata yang salah. Tanpa disadari Bunda mengikuti cara anak berbicara. Padahal, baby talk tersebut adalah bagian dari perkembangan kemampuan berbahasa dan berbicara Si Kecil secara alami. Tugas Bunda adalah memastikan Si Kecil memasuki tahapan perkembangan berikutnya. Bukan justru membuatnya berada di tahapan yang sama. Bila Si Kecil salah mengucapkan kata-kata, pastikan Bunda selalu mengoreksinya. Ini supaya buah hati menyadari kesalahannya. Tentunya hal ini tidak akan berhasil dengan sekali percobaan. Bunda harus sering mengulangi kata-kata yang benar. 

 

Bacakan Cerita

 

Ketika sedang bersantai dengan Si Kecil di tempat tidur, Bunda bisa membacakannya sebuah cerita atau mengarangnya langsung. Ceritakan hal-hal yang disukai dan dikenalnya. Pastinya, Si Kecil merasa senang berada di dekat Bunda dengan cerita seru. Biasanya, Si Kecil akan memberikan respon, bahkan menambahkan sesuatu dalam cerita tersebut. Tanpa disadari, kegiatan ini bisa melatih kecerdasan emosional anak dan kemampuan berbicara. Bunda juga bisa menceritakan hal-hal yang ada di dekat Si Kecil dengan detail. Misalnya, “bola itu bentuknya bulat. Ada bola yang ditendang. Ada juga yang dipukul.”

 

Bertemu Anak Lain

Ajak Si Kecil bermain di luar rumah bersama anak-anak lain. Biasanya, Si Kecil akan terinpsirasi untuk berbicara saat melihat anak seusianya mengobrol. Bahkan, meniru cara temannya berbicara. Perhatikan saja ketika Si Kecil sedang berinteraksi dengan teman sebayanya. Ini supaya Si Kecil berani untuk berbicara di depan umum.

 

Usia berapa bayi bisa duduk  dan bicara merupakan hal yang bisa terjadi di rentang waktu yang tidak jauh berbeda. Menurut ahli kesehatan anak dari University of Nebraska Medical Center, Si Kecil mulai duduk ketika otot punggung dan leher bisa menopang tubuh, yaitu sekitar usia empat hingga tujuh bulan. Pada usia ini juga, Si Kecil mulai menyebutkan beberapa patah kata, seperti “ma”, “pa”, “ba”, atau “da”. Oleh karena itu, Bunda bisa mulai melatih kemampuan bicaranya ketika ia mulai bisa duduk dengan pelan-pelan menerapkan berbagai tips di atas.

 

Untuk membantu optimalkan perkembangannya, Si Kecil juga membutuhkan makanan sehat bergizi seimbang. Nestlé CERELAC  mengandung zat besi, zink, serta vitamin A dan C, untuk bantuk cukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

 

Asalkan Bunda tetap semangat melatih bayi bicara dan memastikan kecukupan gizinya terpenuhi, Bunda dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa Si Kecil sejak dini. Selamat mencoba!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.