Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Dukung Perkembangan Motorik Anak

Latih Perkembangan Motorik Halus Si Kecil Lewat Kegiatan Seru Ini!

 

Perkembangan motorik anak, bisa jadi hal pertama yang Ibu perhatikan tiap kali usia Si Kecil bertambah. Ketika memasuki usia satu tahun misalnya, ia makin aktif bergerak, mulai dari berdiri, berjalan, bahkah hingga mencoba memanjat kursi atau meja. 

Jumat, 6 April 2018

Meski demikian, perkembangan motorik halus Si Kecil yang melibatkan otot-otot kecil (memegang atau menggenggam) juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dan dilatih sejak dini. Dengan begitu, Ibu dapat membantu optimalkan tumbuh kembangnya.

Kira-kira aktivtias apa saja ya, yang bisa dilakukan Si Kecil untuk mendukung perkembangan motorik halusnya? Yuk, simak inspirasi kegiatan seru berikut ini, Bu!

1. Menggambar

Kegiatan pertama yang bisa Ibu lakukan untuk melatih motorik halus Si Kecil adalah mengajaknya menggambar. Siapkan alat tulis seperti krayon atau pensil warna, dan juga selembar kertas. Lalu, ajari Si Kecil bagaimana cara menggenggam alat tulis. Di saat ini mungkin jari mungilnya masih belum bisa menggenggam krayon/pensil warna dengan benar ya, Bu. Namun, latihan menggenggam ini bisa membantu melatih koordinasi otot jari tangannya. Berdasarkan informasi dari situs parenting tepercaya Babycenter.com, menggenggam krayon atau pensil warna saat menggambar dapat membantu Si Kecil melatih motorik halusnya.

2. Main Lilin

Di usia 1-3 tahun, rasa ingin tahu Si Kecil makin meningkat. Inilah kenapa ia terlihat begitu aktif untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Rasanya, hampir semua benda yang ada di dekatnya dipegang oleh Si Kecil ya, Bu. Nah, untuk mendukung rasa ingin tahu anak dan membantu optimalkan perkembangan motorik halusnya, Ibu bisa mengajaknya bermain lilin atau malam. Kegiatan ini melibatkan beragam gerakan dan koordinasi otot di tangan Si Kecil, misalnya gerakan meremas, membulatkan, atau mencetak lilin. Jadi tunggu apalagi, sudah siap bermain lilin bersama Si Kecil?

3. Bermain Puzzle

Ini juga bisa jadi alternatif permainan yang seru, untuk melatih motorik halus Si Kecil. Melalui permainan ini, Ia ditantang untuk menyusun potongan-potongan puzzle menjadi bentuk gambar yang utuh. Selain melatih motorik anak  untuk memegang dan menyusun benda; kegiatan yang melibatkan koordinasi otak, mata, dan tangan ini juga bisa mendukung proses berpikir Si Kecil.

4. Bermain Balok Susun

Permainan balok susun juga dapat melatih perkembangan otot di jari tangan Si Kecil. Sebab, saat bermain balok susun, Si Kecil harus menyusun beragam balok menjadi bentuk yang sesuai dengan keinginannya. Menurut informasi dari The Scots College, Sydney, Australia, anak yang gemar bermain balok susun bisa mendukung agar otot tangannya semakin terlatih dan mendukung kemampuan anak untuk menulis dengan baik.

Dari empat kegiatan di atas, kira-kira mana yang paling disukai Si Kecil, ya? Apapun pilihannya, momen ceria seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan Si Kecil.

Selain aktivitas fisik, Ibu juga bisa melatih motorik halus Si Kecil dengan memberikan Nestlé CERELAC Nutripuffs. Dirancang khusus dengan bentuk bintang kecil, camilan sehat yang diperkaya dengan zat besi dan vitamin B1 ini dapat mendukung perkembangan motorik anak , terutama motorik halusnya. Yuk, ajari Si Kecil menggenggam dan melahap sendiri snack sehat ini, Bu! Hadir dalam dua rasa: Banana & Strawberry dan juga Banana & Orange, CERELAC Nutripuffs bisa jadi alternatif camilan Si Kecil.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.