Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cukupi Asupan Gizi Ibu Hamil

Lebaran Makin Nyaman dengan Menjaga Pola Makan

 

Tak terasa, Lebaran sebentar lagi tiba! Ini merupakan momen yang tepat bagi Ibu dan keluarga untuk pergi bersilaturahmi ke rumah orang tua dan saudara. Biasanya, kebersamaan ini juga dirayakan dengan menikmati ragam hidangan khas Lebaran, seperti ketupat, opor, gulai, hingga kue-kue manis yang menggugah selera. Tak jarang, nafsu makan Ibu bisa jadi meningkat dan sulit mengontrol pola makan sehat. Padahal, asupan gizi ibu hamil harus tercukupi seiring tumbuh kembang janin yang semakin pesat di trimester ketiga. 

Jumat, 13 Juli 2018

Seperti Ibu ketahui, makanan khas Lebaran itu cenderung bersantan, berminyak, terlalu pedas, dan mengandung banyak gula. Makanan ini berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti nyeri uluhati (heartburn), diare, hingga diabetes gestasional. Tentu Ibu tidak ingin mengalami hal itu dan ingin merayakan Lebaran dengan nyaman, kan? Yuk, baca tips berikut ini untuk menyiasati pola makan sehat saat lebaran!

Buat Kreasi Kue Kering Sehat

Kue kering adalah salah satu sajian khas Lebaran yang dihidangkan saat Ibu menerima tamu, maupun berkunjung ke rumah kerabat. Rasanya yang manis dan legit mudah disukai oleh semua anggota keluarga, termasuk Ibu hamil. Namun, kue kering cenderung mengandung kadar gula yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, berisiko memicu timbulnya diabetes gestasional. Ini merupakan penyakit diabetes yang sering dialami oleh Ibu hamil dan dapat berlangsung hingga melahirkan. Penyebabnya adalah produksi hormon insulin tidak mencukupi untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh saat hamil.

Namun, tidak perlu khawatir. Ibu bisa membuat kue kering yang sehat, lho. Caranya adalah dengan menggunakan buah-buahan sebagai pengganti gula pasir pada bahan kue kering. Rasa manis masih bisa didapatkan dari penambahan buah tersebut, sehingga Ibu bisa mengurangi takaran gula dalam kue. Agar kue tetap renyah, pilih buah yang mengandung sedikit air, seperti kurma, ceri, atau kismis.

Kurangi Makanan dengan Lemak Jenuh

Hidangan khas Lebaran biasanya mengandung lemak jenuh, seperti daging sapi, minyak, dan santan. Lemak tak jenuh masuk dalam kategori lemak tidak baik karena menyebabkan penumpukan kolestrol, risiko penyakit jantung, serta berat badan berlebih pada ibu hamil.

Oleh karena itu, banyak tips kesehatan ibu hamil yang menyarankan Ibu untuk sedikit mungkin mengonsumsi makanan berlemak jenuh dan melengkapi asupan nutrisi dengan konsumsi sayur dan buah. Dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat sebelum makan, perut akan terasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu Ibu mengontrol nafsu makan agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh secara berlebihan.

Minum Air Mineral yang Cukup

Selain mengonsumsi buah dan sayur sebelum makan, jika keinginan untuk makan berlebih mulai muncul, cobalah minum segelas air mineral, Bu. Lalu, tunggu beberapa menit. Setelah minum, keinginan tersebut mungkin mereda karena bisa jadi Ibu hanya merasa haus, bukan lapar. Minum air mineral yang cukup juga penting untuk menjaga tubuh  ibu dan janin tetap terhidrasi.

Nah, coba terapkan tips ini saat hari raya Idul Fitri nanti ya, Bu. Dengan memastikan asupan gizi ibu hamil tercukupi, Ibu dapat menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.