Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Variasi Makanan Sehat untuk Bayi 6 bulan

Ragam Makanan Pengganti untuk Si Picky Eater

(0 review)

Meski Si Kecil sudah mengenal Makanan Pendamping ASI usia 6 bulan , terkadang ia bisa tumbuh menjadi anak yang pemilih saat makan. Ini sebetulnya masalah yang sering timbul di masa pertumbuhan anak. 

Selasa, 26 April 2016

Namun, hal tersebut sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Karena dengan menjadi si pemilih makanan atau picky eater, berisiko mengurangi kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, kebiasaan yang kurang baik ini juga bisa terbawa hingga ia dewasa nanti, lho.

Lalu, apa sih sebenarnya yang menyebabkan Si Kecil menjadi picky eater? Dan, bagaimana pula cara menyiasatinya agar kebutuhan nutrisi anak tetap tercukupi? Yuk, cari tahu info selengkapnya di sini!

Faktor Biologis

Menurut hasil riset yang dilakukan Dr. Faye Powell, ahli psikologi anak dari University of Bedfordshire, salah satu hal yang menyebabkan anak menjadi pemilih saat makan adalah kondisi indera pengecapnya yang terlalu sensitif terhadap rasa dan tekstur. Ini menyebabkan anak tidak berselera untuk konsumsi makanan yang teksturnya alot, memiliki aroma yang kurang menggugah selera, dan rasa yang cenderung tawar, misalnya sayuran.  

Atasi dengan Menyiapkan Makanan Pengganti

Untuk menyiasati anak yang picky eater tidak terlalu sulit kok, Bu. Salah satu hal mudah yang dapat Ibu lakukan, adalah menyiapkan atau membuat menu makanan pengganti terhadap sumber makanan yang tidak disukai Si Kecil. Berikut beberapa alternatif makanan yang dapat Ibu berikan: 

• Buah

Bila Si Kecil tidak suka makan buah segar, Ibu dapat memberikannya buah kering seperti kismis, kurma, mangga, dan pisang. Lalu sedikit-sedikit biasakan ia mengonsumsi buah segar dengan cara membuat kreasi jus, puding, atau memotong buah kecil-kecil dan ditata cantik di piring untuk membangkitkan selera makannya. Nah, ketika Si Kecil menolak makan jeruk, berikan ia jenis buah lain yang kaya kandungan vitamin C, misalnya stroberi, semangka, dan melon. 

• Sayuran

Bagaimana bila Si Kecil menolak makan sayur, terutama yang berwarna hijau? Ibu dapat mengenalkan Si Kecil untuk mengonsumsi sayuran bewarna kuning atau jingga, seperti kentang, labu, dan wortel. Selain itu, agar sayuran tidak terasa tawar, Ibu dapat mengolahnya dengan cara ditumis, membuat kreasi topping sayuran untuk pizza, atau menyajikannya sebagai salad dengan rasa saus yang disukai Si Kecil.

• Daging

Terkadang anak tidak menyukai makan daging, karena sulit untuk dikunyah. Untuk bantu mencukupi asupan protein dan zat besi Si Kecil, Ibu dapat menyiapkannya menu makanan seperti, ikan, ayam, tahu, tempe, dan kacang polong. Atau bisa juga membuat sajian perkedel, dan roti lapis dengan isian ikan tuna/ayam suwir/daging sapi yang dicincang halus. 

Nah, sekarang tidak perlu khawatir asupan nutrisi Si Kecil yang picky eater tidak tercukupi. Dengan melakukan cara di atas, Ibu tetap dapat membantu anak dapatkan asupan gizi secara seimbang.  

Namun satu hal yang perlu dicatat, kebiasaan pola makan yang sehat sebenarnya bisa diterapkan bila Ibu dan keluarga juga disiplin melakukan hal ini. Jadi, bila Ibu ingin Si Kecil doyan makan sayur, buah, dan daging, maka Ibu dan anggota keluarga perlu mengonsumsinya bersama-sama dengan Si Kecil . Kebiasaan ini bisa dimulai sejak dini dengan menyiapkan variasi makanan sehat untuk bayi 6 bulan .

Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah menciptakan suasana makan yang menyenangkan di rumah. Dengan begitu, Si Kecil tak lagi menolak ketika disuapi makanan. Selamat mencoba, Bu

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.