Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Happy

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Mood Ibu Hamil

 

Apakah Ibu merasa mood naik-turun saat sedang hamil? Konsumsi makanan sehat untuk Ibu hamil bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya dan membuat Ibu happy lagi. Terutama saat hamil, Ibu perlu tetap menjaga mood dan menghindari stres, Bu.

Kamis, 12 Juli 2018

Penelitian dari University Zurich menyebutkan bahwa stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi janin. Ketika tertekan, hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres akan meningkat. Saat hamil, plasenta (yang bertugas membawa nutrisi dan makanan untuk janin) juga dapat melepaskan hormon stres dan memberikan efek negatif pada pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk Ibu hamil menjaga kestabilan mood. Hal ini bisa dilakukan dengan memerhatikan berbagai makanan yang Ibu konsumsi, termasuk camilan Ibu. Mulai sekarang, berikan perhatian bukan hanya pada makanan utama, tapi juga pada pilihan camilan sehat. Berikut inspirasi camilan yang dapat membuat Ibu lebih happy.

Cokelat

Cokelat cukup aman untuk dikonsumsi Ibu hamil, Bu. Menurut penelitian dari University of Swinburne, Australia, cokelat mengandung zat polyphenols yang berperan penting memperbaiki mood dan dapat membuat kita lebih tenang dan bahagia. Namun, Ibu hamil tidak boleh berlebihan mengonsumsi cokelat karena makanan ini mengandung kafein. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi kafein maksimal 200 mg per harinya. Perlu diingat bahwa sekitar 50 gr cokelat susu mengandung 10 mg kafein. Makin banyak kandungan kokoa, makin banyak kandungan kafein di dalamnya.

Pisang

Buah pisang diketahui kaya akan potasium. Nutrisi yang satu ini berguna untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan. Pisang juga mengandung triptofan yang memengaruhi mood Ibu hamil. Kadar triptofan yang cukup dalam tubuh dapat membuat Ibu merasa lebih baik. Selain itu, kandungan vitamin B dalam pisang juga disebutkan dapat meredakan level depresi seseorang. Oleh karena itu, pisang  disarankan untuk dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan dan pasca melahirkan.

Kacang-Kacangan

Camilan jenis ini sangat dianjurkan untuk kehamilan yang sehat.  Kacang-kacangan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Ibu hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam the Journal of Proteome Research, kacang-kacangan mengandung kadar hormon serotonin tinggi yang  bisa membuat Ibu hamil merasa nyaman dan gembira. Makanan ini juga kaya akan protein yang membantu Ibu hamil mengatasi depresi.

Yoghurt

Sebagai alternatif camilan, yoghurt bisa dimakan sendiri atau disajikan bersama camilan sehat lainnya, misalnya salad sayur atau buah. Berdasarkan penelitian di UCLA, konsumsi yoghurt secara rutin dapat membuat kita lebih positif (kurang stres) saat dihadapkan dengan sesuatu yang negatif. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu kerja saluran pencernaan dan mengirimkan sinyal yang menenangkan pada sistem saraf tubuh.

Alpukat

Buah yang satu ini mengandung tiga hal penting yang dapat memperbaiki mood Ibu hamil. Pertama adalah folat yang dapat meredakan depresi. Kedua, ada triptofan yang dapat meningkatkan hormon serotonin (dikenal sebagai hormon bahagia) dalam otak. Ketiga adalah vitamin B6 yang bisa menjadi penenang saat Ibu merasa stres. Ibu bisa mengolah alpukat jadi jus atau dimakan bersama sereal.

Mengingat kebahagiaan Ibu berpengaruh besar pada perkembangan Si Kecil dalam kandungan, mulai saat ini, Ibu perlu memastikan berbagai makanan sehat untuk Ibu hamil dalam menu harian.  Dengan menjalani kehamilan yang happy, Ibu dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.