Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui makanan bayi 8 bulan yang mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Makanan Wajib Ada Agar Saluran Cerna Si Kecil Sehat

 

Diare dan konstipasi adalah langgan penyakit pada Si Kecil yang berusia di atas 6 bulan. Hal ini biasanya terjadi karena saluran pencernaannya belum sempurna dan paparan dari bakteri jahat yang masuk lewat makanan dan lingkungan.

Selasa, 26 April 2016

Diare dan konstipasi adalah langgan penyakit pada Si Kecil yang berusia di atas 6 bulan. Hal ini biasanya terjadi karena saluran pencernaannya belum sempurna dan paparan dari bakteri jahat yang masuk lewat makanan dan lingkungan. Selain tetap diberikan ASI hingga semampu Ibu, makanan pendamping ASI-nya haruslah yang bersahabat dengan saluran cernanya. Makanan yang memiliki kandungan serat dan probiotik diyakini dapat menyehatkan bagian tubuh yang didominasi oleh mikrobiota tersebut. 

Agar kesehatan saluran cernanya tetap terjaga, yuk pastikan beberapa makanan ini selalu menjadi pilihan menu harian Si Kecil!

Tempe

Makanan yang berasal dari kedelai ini bukan hanya enak, namun juga bermanfaat bagi saluran cerna lho, Bu. Penelitian yang dilakukan oleh di Universitas Wageningen di Belanda membuktikan kandungan pada tempe dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab diare seperti E.coli pada sistem pencernaan.  Sediakan terus tempe di dapur. Ibu dapat mencampurnya dengan nasi sebagai pilihan lauk untuk Si Kecil. Jangan lupa untuk menghaluskannya bila perlu, ya.

Ubi

Serat yang terkandung di dalam ubi dapat memperlancar saluran cerna Si Kecil. Rajin mengonsumsi makanan yang mudah ditemukan di Indonesia ini dapat mencegah penyakit konstipasi atau sulit BAB. Selain itu, ubi juga rendah lemak yang dapat menghindari Si Kecil dari obesitas.  Untuk mengolahnya, Ibu cukup mengukus ubi, lalu hancurkan hingga lembut, dan tambahkan air atau ASI. Jadilah puree lezat untuk Si Kecil.

Yogurt 

Makanan yang satu ini memang terkenal sebagai makanan yang sangat baik untuk pencernaan. Hal ini karena yogurt mengandung mikrobiotik yang membantu perut untuk mencerna makanan. Jika ingin menjadikan yogurt sebagai makanan bayi 8 bulan  atau usia sekitar itu, pastikan Ibu memerhatikan porsi dan cara penyajiannya, ya. Misalnya, dengan menjadikannya pencuci mulut dan memberikannya dalam takaran yang sedikit saja.

Pisang 

Buah pisang ternyata baik untuk kesehatan sistem percernaan, lho, khususnya jika terdapat gangguan diare. Pisang mampu mengembalikan elektrolit dan potasium yang hilang akibat diare. Selain itu, serat yang dikandungnya juga baik untuk pencernaan makanan. Untuk Si Kecil, olah buah pisang menjadi bubur atau puree, atau jika ia sudah bisa sedikit mengunyah, berikan potongan pisang kecil-kecil untuk memudahkannya.

Bubur Susu Nestlé CERELAC

Pastikan CERELAC selalu masuk ke dalam daftar belanja Ibu, ya. MP-ASI yang sudah disesuaikan dengan saluran cerna Si Kecil ini memiliki probiotik Bifidus BL yang menstabilkan jumlah bakteri baik di dalam tubuhnya. Fungsi saluran cernanya tetap terjaga dengan baik dan optimal. CERELAC juga diperkaya dengan DHA yang penting untuk perkembangan otaknya dan juga mikronutrien lain yang mendukung fungsi imun tubuh.

Kini Ibu sudah tahu kan, makanan apa saja yang wajib diberikan untuk mendukung kesehatan pencernaan Si Kecil? Jadi, pastikan untuk selalu memberinya variasi makanan yang terbaik ya, Bu. Selain itu, jika Ibu sudah menyiapkan resep makanan balita  yang bernutrisi seimbang, lengkapi juga dengan selalu memastikan bahwa Si Kecil selalu minum cukup air. Yuk, share artikel ini agar Ibu lainnya dapat mengetahui tentang makanan yang baik untuk sistem percernaan anak!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.