Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ibu Tengah Menyusui? Hindari Makanan Pemicu Perut Kembung Balita Kembung Berikut Ini!

Makanan yang Harus Dikurangi Selama Menyusui

 

Selama menyusui, tahukah bahwa apa yang Ibu konsumsi ikut memengaruhi kualitas ASI dan kesehatan Si Kecil? Salah satu kondisi yang mungkin terjadi jika Ibu makan sembarangan adalah perut kembung balita.

Minggu, 23 September 2018

Menurut dr. Jennifer Shu, dokter anak dari Children’s Medical Group di Atlanta, jika Ibu menyususi mengonsumsi makanan yang mengandung gas, maka ASI yang diminum Si Kecil juga membawa gas yang dapat membuat bayi kembung. 

Apa tandanya? Si Kecil biasanya menjadi rewel. Setelah Ibu makan sesuatu yang membuat bayi rewel saat menyusui, butuh 2-3 hari untuk menetralkan ASI kembali. Oleh karena itu, Ibu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi sesuatu.

Hindari Makanan Ini Ya, Bu.

Untuk mencegah perut kembung balita, ada baiknya Ibu mengetahui berbagai jenis makanan yang sebaiknya dikurangi saat menyusui.

1 .Cokelat dan Kafein

Kopi, teh, dan cokelat merupakan makanan dan minuman yang mengandung kafein dan dapat memicu balita kembung. Jadi, sebaiknya hindari menu-menu yang mengandung kafein.

2. Rempah-rempah

Menurut California Pacific Medical System, memang belum ada rempah spesifik yang menyebabkan kembung pada semua bayi. Namun bisa jadi ada bayi yang lebih sensitif pada rempah tertentu. Untuk itu, Ibu diminta untuk mengurangi konsumsi rempah-rempah seperti bawang putih, jintan, bubuk kari, bubuk cabai yang mungkin memicu kembung.

3. Buah dan Makanan Asam

Buah dan makanan yang memiliki kandungan asam tinggi seperti jeruk, lemon, stroberi, dan nanas, dapat memicu rasa begah, kembung, dan bahkan diare pada pencernaan bayi. Ibu dapat memilih alternatif buah-buahan lain tanpa rasa asam, seperti pisang dan alpukat, selama menyusui.

4. Sayuran Bergas

Berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan kacang-kacangan ternyata mengandung raffinose, yakni zat gula yang harus difermentasi oleh bakteri di usus karena seratnya sulit untuk dicerna dan menimbulkan gas.

5. Minuman Bersoda

Soda bersifat panas dan mengikat nutrisi dalam tubuh, sehingga ASI menjadi encer dan kekurangan vitamin.

Jika Ibu melihat Si Kecil lebih rewel dari biasanya, ada baiknya Ibu menyusui mengurangi beberapa jenis makanan dan minuman di atas, karena dapat memicu perut kembung balitaIbu juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi agar mendapatkan informasi yang lebih mendalam soal hal ini. Dengan begitu, Ibu dapat memberikan penanganan yang tepat jika terjadi perut kembung bayi selama Ibu menyusui Si Kecil.   Dengan demikian, kualitas ASI Ibu bisa lebih baik, tumbuh kembang si Kecil pun dapat lebih maksimal.

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.