Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Makin Bugar dan Happy dengan Senam Kehamilan

(0 review)

Saat hamil Ibu bisa menjalani berbagai aktivitas yang menyenangkan, salah satunya melakukan senam hamil. Selain menjadi alternatif olahraga yang aman untuk Ibu hamil, kegiatan ini juga bisa membuat mood Ibu jadi lebih happy, lho. Saat senam tubuh memicu otak untuk mengaktifkan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang.

 

Kamis, Mei 18th, 2017

Manfaat Senam untuk Ibu Hamil

Selain mendukung kesehatan psikis Ibu, melakukan senam kehamilan secara teratur juga bisa membantu Ibu untuk menjalani kehamilan yang sehat. Berikut beberapa manfaat lainnya:

  • Memperkuat sistem kardiovaskular (kinerja jantung dan pembuluh darah) dan sistem pernapasan (paru-paru), sehingga Ibu tidak mudah lelah saat beraktivitas.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh, terutama setelah memasuki trimester kedua dan ketiga.
  • Mencegah rasa sakit pada anggota tubuh yang menopang berat badan dan janin, seperti pada bagian pinggul.
  • Bantu meningkatkan kualitas tidur.
  • Memperkuat otot tubuh yang berperan dalam proses persalinan, agar kelahiran Si Kecil berjalan dengan normal.
  • Mempermudah Ibu untuk mengembalikan berat badan saat sebelum hamil.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum melakukan senam kehamilan, sebaiknya Ibu melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan, dan perhatikan beberapa hal berikut agar tidak membahayakan kesehatan janin. 

  • Pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara cukup, misalnya di halaman belakang rumah atau teras.
  • Gunakan pakaian olahraga yang mudah menyerap keringat, agar Ibu tetap nyaman saat senam.
  • Minum air mineral yang cukup sebelum senam dimulai dan sesekali saat senam berlangsung untuk mencegah dehidrasi.
  • Lakukan pemanasan agar otot tidak kaku saat senam.
  • Hindari gerakan melompat untuk kurangi risiko terkilir dan terjatuh.
  • Segera istirahat atau berhenti ketika Ibu merasa pusing, lelah, atau terasa sakit di punggung.

Senam Hamil di Rumah

Mengikuti kelas senam kehamilan bersama Ibu hamil lainnya, mungkin bisa membuat aktivitas olahraga lebih menyenangkan dan membuat Ibu lebih semangat untuk rutin berolahraga, ya. Tapi, bila Ibu tidak bisa melakukan senam bersama para Ibu hamil, Ibu juga bisa kok senam sendiri di rumah. Salah satunya, dengan melakukan gerakan mudah seperti step-up.

Untuk melakukan gerakan ini Ibu cukup menyediakan injakan yang lebih tinggi dari lantai, misalnya anak tangga. Ingat, jangan terlalu tinggi, apalagi jika kehamilan Ibu sudah cukup besar. Sebaiknya lakukan gerakan ini dekat dinding atau railing tangga yang bisa dijadikan tumpuan atau pegangan, untuk bantu jaga keseimbangan tubuh. Berdirilah di depan anak tangga, lalu naikkan kaki secara bergantian. Pastikan punggung selalu dalam keadaan tegak dan letakkan kaki dengan sempurna di atas anak tangga.

Nah, cukup mudah kan Bu, melakukan senam kehamilan di rumah? Lakukan senam ini dengan rutin setiap minggu selama 20-30 menit. Meskipun gerakannya terlihat mudah, gerakan senam hamil mampu memacu jantung untuk memompa darah dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh Ibu dan Janin untuk mengoptimalkan proses metabolisme.

Jadi, tetap semangat untuk melakukan senam hamil secara teratur, ya Bu. Dengan rutin berolahraga Ibu bisa menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia, sehingga dapat mendukung Si Kecil tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review