Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Manfaat Finger Painting untuk Kreativitas Anak

Makin Kreatif dengan Finger Painting!

 

Wah, senangnya melihat Si Kecil tumbuh semakin besar! Untuk mendukung anak tumbuh sehat dan cerdas, tentu Ibu perlu memastikan ia mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan juga melatihnya berpikir kreatif. Lalu, apa yang bisa Ibu lakukan untuk menunjang kreativitas anak ya?

Kamis, 8 Maret 2018

Ada banyak permainan atau kegiatan seru untuk mendukung kreativitas Si Kecil. Salah satunya, Ibu bisa mengajak Si Kecil bermain finger painting atau melukis dengan jari. Dari kegiatan sederhana ini, Ibu bisa bantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Yuk, ketahui beberapa manfaat penting finger painting di bawah ini!

  • Mendukung Daya Imajinasi & Kreativitas

Ajak Si Kecil melukis bentuk bidang yang ia ketahui. Selanjutnya, Ibu bisa memberikan contoh objek baru, seperti awan, rumah, atau pohon, lalu biarkan Si Kecil mengikutinya. Sehingga, Si Kecil bisa belajar mengenal objek dan membangun bentuk sesuai dengan imajinasinya.

 

  • Belajar Mengenal Warna

Melalui finger painting, Si Kecil bisa belajar mengenal lebih banyak warna. Sebelum ia mulai melukis dengan jemari kecilnya, kenalkan terlebih dahulu warna apa yang sedang dipilihnya. Dengan begitu, Si Kecil dapat memahami warna apa saja yang ia gunakan untuk melukis.

 

  • Mendukung Perkembangan Motorik Halus

Finger painting dapat bantu menstimulasi motorik halus Si Kecil, untuk mendukung tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal. Sebab, kegiatan melukis melibatkan gerakan otot jari-jari tangan, serta koordinasi antara mata dan tangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Saat Si Kecil berkreasi dengan finger painting, Ibu sebaiknya tetap mengawasi dan membantunya bermain. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah Si Kecil menjilat tangannya sendiri yang masih penuh cat. Setelah selesai melukis, ajari Si Kecil mencuci tangannya, sehingga ia dapat belajar menjaga kebersihan tangannya.

Selain itu, pastikan Ibu menggunakan bahan cat yang aman untuk Si Kecil. Ibu bisa bertanya terlebih dahulu dengan penjual ketika membeli cat, atau Ibu bisa coba membuat cat sendiri di rumah.

Membuat Cat Finger Painting

Ibu bisa membuat cat finger painting sendiri menggunakan bahan-bahan di dapur, lho. Cara membuatnya tidak telalu sulit. Yuk simak di bawah ini!

Alat dan bahan:

  • 4 sdm tepung jagung atau tepung maizena.
  • 1/2 gelas air dingin .
  • 1 gelas air mendidih.
  • Pewarna makanan.
  • Wadah mangkuk dan kertas menggambar

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung jagung atau tepung maizena dengan air dingin, lalu aduk hingga merata. Setelah adonan tercampur rata, masukkan air mendidih, kemudian aduk adonan hingga mengental.
  2. Pastikan tekstur adonan tidak keras ketika diaduk. Jika sudah cukup kental, tuangkan pewarna makanan yang diinginkan, lalu aduk hingga warna adonan merata.
  3. Simpan adonan ke dalam wadah, dan siapkan kertas untuk media lukis. Si Kecil kini siap berkreasi dengan finger painting!

 

Nah, ternyata bermain finger painting memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil ya, Bu. Mulai dari membantu mengeksplorasi daya imajinasi, mengenal warna, hingga mendukung perkembangan motorik halus.

Selain mengajak Si Kecil berkreasi dengan finger painting, Ibu juga dapat mendukung perkembangan motorik halusnya dengan melakukan kegiatan snacking yang menyenangkan bersama Nestlé Cerelac NutriPuffs. Dirancang khusus dengan bentuk bintang mungil yang mudah digenggam Si Kecil usia 10 bulan ke atas, snack sehat dari CERELAC ini dapat melatih koordonasi gerakan jari tangannya sekaligus membantu lengkapi kecukupan gizi hariannya.

Yuk, dukung kreativitas anak dengan mengajak Si Kecil bermain finger painting Bu, agar Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.