Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Jangan Sampai Ibu Hamil Melewatkan Sarapan Makanan Sehat

Malas Sarapan saat Hamil? Atasi dengan Hal Ini

 

Pernahkah Ibu kehilangan selera makan saat mengandung? Hal ini biasanya sering terjadi di trimester pertama kehamilan. Akibatnya, Ibu bisa jadi melewatkan beberapa waktu makan, terutama sarapan. Padahal, makanan sehat untuk Ibu hamil perlu dikonsumsi dengan seimbang di setiap waktu makan, dimulai dari pagi hari.

Selasa, 9 Januari 2018

Kenapa Sarapan Itu Penting?

Menurut ahli gizi dari Magee-Womens Hospital, Amerika Serikat, Anna Ardine, sarapan itu penting untuk Ibu hamil. Melalui menu sarapan yang dikonsumsi, Ibu bisa mengatur jumlah dan jenis makanan yang akan disantap sepanjang hari. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari sarapan bagi Ibu hamil, yaitu: 

  • Membantu menjaga berat badan Ibu hamil ideal.
  • Mengurangi keinginan mengonsumsi makanan berlemak sepanjang hari.
  • Membantu meningkatkan konsentrasi.
  • Menjaga tubuh Ibu hamil tidak mudah lelah saat beraktivitas.
  • Membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Penyebab Ibu Hamil Kehilangan Nafsu Makan saat Sarapan

Menurut Aviva Jill Romm dalam buku The Natural Pregnancy Book: Herbs, Nutrition, and Other Holistic Choices, ada beberapa hal yang berpotensi membuat Ibu kehilangan nafsu makan. Salah satunya, sistem metabolisme dan kinerja organ tubuh yang cenderung melambat akibat pertumbuhan janin. Selain itu, perubahan hormon serta rasa ketidaknyamanan tubuh saat hamil juga bisa memicu hilangnya selera makan. Jadi, tidak heran bila Ibu kemudian enggan untuk menyantap sarapan.

Cara Menyiasati Malas Sarapan saat Hamil

Lalu bagaimana cara menyiasati nafsu makan Ibu hamil yang menurun, terutama saat sarapan? Nah, Ibu bisa menerapkan beberapa tips ini agar nutrisi Ibu hamil  tetap terpenuhi di pagi hari.

  • Membuat Menu Sarapan Menarik

Biasanya, Ibu akan lebih semangat untuk sarapan bila menunya disajikan dengan menarik. Dengan begini, Ibu akan melupakan nafsu makan yang berkurang. Contohnya, Ibu dapat membuat kreasi oatmeal dengan potongan buah segar dan taburan kacang kenari.

  • Makan dengan Porsi Sedikit

Tidak harus menyantap menu sarapan yang mengenyangkan, karena pertumbuhan janin yang semakin membesar bisa membuat Ibu mudah kenyang dan kehilangan selera makan. Untuk itu, di pagi hari Ibu bisa mengonsumsi beberapa keping biskuit gandum atau sepotong roti dengan selai favorit yang mudah disiapkan di rumah. Jadi, Ibu tidak akan melewatkan sarapan.

  • Minum Teh Hangat dengan Lemon

Minuman ini dapat membantu kurangi rasa mual di pagi hari, sehingga dapat mengembalikan selera makan Ibu. Untuk itu, Ibu disarankan mengonsumsi teh hangat dengan perasan air lemon sebelum sarapan.

  • Meminta Bantuan

Bau masakan yang tajam bisa memicu timbulnya rasa mual dan menyebabkan Ibu kehilangan selera untuk menyantap sarapan. Oleh sebab itu, Ibu bisa meminta bantuan Ayah atau anggota keluarga lain di rumah untuk menyiapkan sarapan.

 

Nah, semoga dengan mengetahui beberapa tips di atas, diharapkan Ibu hamil tidak lagi melewatkan waktu sarapan. Ingat, Bu! Sarapan penting untuk mendukung kesehatan Ibu hamil dan janin. Bila makanan sehat untuk Ibu hamil terpenuhi, proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan agar nantinya Si Kecil dapat tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.