Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Menjaga berat badan anak tetap ideal ternyata dapat dilakukan dengan cara sederhana, yakni bermain di taman. Berikut ini adalah penjelasannya.

Manfaat Mengajak Si Kecil Bermain di Taman

 

Bermain bisa dibilang adalah kegiatan yang paling disukai oleh hampir semua anak. Tapi sayangnya, sebagian anak lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau menonton televisi. Permainan pasif yang minim gerakan ini tentu dapat memengaruhi kesehatan Si Kecil, termasuk berat badan anak.

Kamis, 20 September 2018

Menurut penelitian dari Dr. Mark DeBoer dari Division of Pediatric Endocrinology and Diabetes, University of Virginia, Amerika Serikat, kebanyakan anak usia taman kanak-kanak menonton TV sekitar 3,3 jam per harinya. Namun bahkan anak yang menonton sekitar satu jam per hari saja, memiliki risiko berat badan berlebih hingga 50-60% lebih tinggi, dibandingkan dengan anak yang menonton kurang dari satu jam per harinya.

Oleh karena itu, Moms disarankan untuk mengajak Si Kecil lebih aktif, misalnya dengan bermain di taman. Selain untuk membantu menjaga berat badan ideal anak, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa diperoleh Si Kecil dengan menghabiskan waktu di taman.

1. Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh yang Lebih Baik

Ketika bermain di alam, pemainan anak-anak menjadi lebih beragam dan kebanyakan akan membuatnya lebih banyak bergerak. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan motorik, melatih refleks, dan keseimbangan tubuhnya sehingga Si Kecil dapat jadi lebih lincah.

2. Meningkatkan Kreativitas

Banyak hal baru di sekitar taman yang dapat merangsang rasa ingin tahu Si Kecil. Hal ini tentu dapat meningkatkan perkembangan kognitif, daya nalar, dan keterampilan Si Kecil dalam mengamati sesuatu. Dengan demikian, imajinasi Si Kecil dapat berkembang.

3. Lebih Mandiri

Alam dapat merangsang rasa ingin tahu Si Kecil dan mendorong ia untuk lebih berani bereksplorasi. Saat berada di taman, Moms dapat melatih Si Kecil lebih mandiri dengan mengajaknya untuk mencoba banyak hal baru, sesederhana coba memegang berbagai macam tekstur, misalnya batu, daun, rumput, dan lain sebagainya.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Dengan lebih sering berada di luar, Si Kecil bisa mendapatkan lebih banyak sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D. Udara segar dari pepohonan hijau juga dapat memperbaiki kualitas oksigen yang masuk ke tubuhnya.

5. Terapi yang Baik untuk Si Kecil dengan ADHD

Para peneliti di University of Illinois menemukan bahwa 30 menit bermain di taman dapat membantu anak-anak dengan attention deficit hyperactivity (ADHD) lebih berkonsentrasi di sekolah dan lebih tenang di rumah.

6. Membantu Konsentrasi di Sekolah

Menurut laporan dari National Wildlife Federation pada tahun 2010, para guru melihat bahwa anak-anak yang sering bermain di luar secara rutin, memiliki konsentrasi dan performa yang lebih baik saat belajar. Dengan bermain di luar, Si Kecil dapat mengasah rasa ingin tahu dan belajarnya.

Untuk mendukung Si Kecil aktif bermain di luar rumah dan berat badan anak tetap di batas normal, Moms perlu membantu memperkuat daya tahan tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kesehatan saluran cernanya terjaga. Sebab, 80% daya tahan tubuh Si Kecil ada di saluran cernanya.

Susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri, vitamin dan mineral untuk dukung Si Kecil Grow Happy!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.