Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Menggunakan irama musik bisa jadi tips agar anak lebih cerdas dalam mengingat

Manfaat Musik untuk Daya Ingat

(0 review)

Apa Ibu suka mendengarkan musik? Pernahkah Ibu menyadari, saat mendengar alunan lagu yang cukup akrab di telinga, secara otomatis otak akan mengulang momen yang berhubungan dengan suatu kejadian tertentu?

Selasa, April 26th, 2016

Ya, musik memang dapat merangsang bagian otak, sehingga memori yang pernah tersimpan lebih mudah diingat.

Nah, begitu juga dengan perkembangan otak dan kecerdasan Si Kecil. Ternyata, musik pun dapat memiliki peran penting untuk perkembangan kognitif, konsentrasi, dan daya ingatnya. Selain itu, musik juga dapat merangsang otak agar ia lebih mudah untuk berpikir kritis, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, dan juga kreatif.

Manfaat Musik untuk Otak

Menurut Chris Brewer, pendiri LifeSounds Educational Services dan pengarang buku Soundtracks for Learning, musik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan memori Si Kecil. 

Brewer menganjurkan para orangtua untuk melakukan "pengaturan mood positif", seperti menggunakan musik berirama optimis untuk motivasi belajar. Ketika belajar, menulis, dan membaca, pertahankan konsentrasi dengan musik instrumental.

Musik juga dapat berpengaruh pada sikap belajar Si Kecil, karena ia akan menjadi lebih disiplin, sabar, tekun, dan memiliki motivasi tinggi.
Brewer lalu menyarankan beberapa kegiatan yang menggunakan musik untuk meningkatkan memori dan kepekaan Si Kecil belajar agar lebih interaktif. Yuk, simak beberapa tips agar anak cerdas  dengan musik berikut! 

•    Berikan Latar Belakang Musik saat Belajar
Pasang musik berirama lembut saat Si Kecil sedang belajar. Misalnya, saat ia sedang belajar mengenal tata surya atau hewan lewat gambar, musik akan menstimulasi otaknya untuk berimajinasi, sehingga ia bisa lebih mudah memahami.

•    Gunakan Irama Musik untuk Mengingat
Ajak Si Kecil untuk menyanyikan lagu secara bersama-sama, khususnya untuk sesuatu yang harus dihafal, seperti nama-nama hari atau nama-nama anggota tubuh. Metode ini akan menajamkan daya ingatnya dan mempermudahnya untuk mengingat hafalan di kemudian hari. 

•    Tumbuhkan Kecintaan pada Musik
Sebagai salah satu cara membuat anak cerdas, biarkan Si Kecil mengenal berbagai jenis musik, mulai dari klasik, pop, jazz, blues, rock, hingga country. Tentunya pilihan lagunya harus disesuaikan dengan usia Si Kecil. Ibu bisa menggunakan jenis musik yang berbeda untuk kegiatan yang berbeda. Misalnya, musik klasik untuk sebelum tidur dan musik pop untuk kegiatan di pagi hari yang membutuhkan semangat.

•    Manfaatkan Media
Gunakan berbagai media, mulai dari radio, CD, hingga internet untuk mencari lagu yang cocok untuk Si Kecil. Di masa sekarang sudah banyak berbagai lagu edukatif untuk anak yang mengajarkan hal-hal bermanfaat. Jangan lupa untuk terus menyeleksi dan mengawasi apa yang Si Kecil lihat dan dengarkan ya, Bu.

Nah, agar pertumbuhannya semakin optimal, Si Kecil membutuhkan asupan nutrisi dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Berikan ia susu pertumbuhan Nestlé LACTOGROW HappyNutri 4, yang mengandung 11 vitamin, 8 mineral, juga Asam Linoleat (Omega 6) dan Asam Alfa-Linolenat (Omega 3) serta Lactobacillus reuteri yang mendukung kesehatan saluran cerna Si Kecil dimana 80% sistem imunitas ada di dalam saluran cerna. Dengan begitu, Si Kecil bisa tetap sehat dan bersemangat untuk belajar tentang hal-hal baru di sekelilingnya.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review