Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Melatih agar Si Kecil Disiplin

(0 review)

Agar Si Kecil disiplin, berbagai cara mungkin Ibu coba lakukan, baik di rumah maupun di tempat umum. Namun, terkadang beberapa metode yang umum dilakukan terbukti tidak efektif dan malah kurang baik bagi perkembangan emosional Si Kecil. Misalnya, memarahinya dengan nada tinggi hingga ia menangis, atau bahkan melakukan hukuman fisik yang sangat tidak dianjurkan.

Kamis, Agustus 4th, 2016

Memang, di usianya yang masih balita, Si Kecil seringkali berbuat sesuatu yang membuat Ibu harus sabar menahan amarah. Karena belum mengerti, kadang apa yang ia lakukan bisa menimbulkan masalah untuk sekitarnya, seperti membuat ruangan menjadi berantakan atau benda – benda menjadi rusak. Bahkan, rasa ingin tahu dapat membahayakan dirinya sendiri. Untuk mengatasinya, Ibu sebaiknya membuat ia mengerti tentang batasan sejak dini, contohnya, mana perilaku yang baik dan mana yang tidak baik, agar Si Kecil disiplin. Coba simak tips berikut agar Ibu bisa mengajari Si Kecil disiplin dengan tepat!

Konsistensi adalah Kunci

Dalam mengajari Si Kecil disiplin, konsistensi sangat diperlukan. Pastikan ia memahami bahwa peraturan itu ada dan harus ditepati. Sebaiknya, Ibu tidak sering mengancam Si Kecil dengan hukuman hanya untuk menakutinya, padahal hukuman tersebut tidak akan dijalankan. Apabila itu terjadi, untuk selanjutnya ia akan berpikir bahwa perkataan Ibu tidak serius dan bisa diabaikan. 

Sebaliknya, daripada mengancam, jalankan peraturan dengan tegas namun tetap lembut, tanpa meninggikan suara. Misalnya, jika Si Kecil melempar mainan atau makanan, katakan padanya dengan jelas bahwa itu tidak baik. Selain itu, agar Si Kecil disiplin, dibutuhkan juga panutan dari orang tua. Beri ia contoh yang baik seperti tidak memilih-milih makanan, merapikan mainan, dan sebagainya.

Pencegahan Lebih Baik

Bagi Si Kecil, hampir semua yang ia temui adalah hal baru yang menarik untuk dijelajahi dan dicoba. Sebagai orang tua, Ibulah yang dapat menilai dan menentukan hal mana yang bisa ia coba. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara mengajari Si Kecil disiplin, jauhkan ia dari berbagai hal yang berpotensi menimbulkan masalah, baik untuk dirinya sendiri ataupun lingkungan sekitar. 

Misalnya, jika Ibu tidak ingin ia memainkan telepon genggam Ibu, maka jangan letakkan di area yang dapat diraih Si Kecil. Ibu bisa juga mengalihkan perhatiannya dengan memberinya aktivitas, mainan, atau makanan yang tidak berbahaya, atau membawanya ke ruangan lain. Berusahalah untuk bersikap tegas dalam menolak keinginan yang tidak baik untuknya.

Coba Metode Timeout

Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan agar Si Kecil disiplin adalah timeout. Saat ia berbuat kesalahan, jelaskan dengan tenang dan perlahan bahwa apa yang ia lakukan itu tidak baik. Usahakan terjadi kontak mata saat percakapan dilakukan, sehingga ia tahu bahwa Ibu serius, dan Ibu juga tahu bahwa ia mendengarkan. 

Setelah itu, ajak Si Kecil untuk duduk diam di suatu tempat yang telah ditentukan, misalnya kursi kecil di pojok kamar, selama beberapa waktu untuk “memikirkan” apa yang telah ia perbuat dan kenapa itu salah. Tidak perlu terlalu lama, cukup satu hingga tiga menit, disesuaikan dengan usia Si Kecil. Cara ini dapat dilakukan sebagai “hukuman” yang tidak melibatkan hukuman fisik maupun verbal, dan diharapkan dapat menanamkan kedisiplinan dalam dirinya.

Memang tidak mudah melatih agar Si Kecil disiplin. Namun, dengan kesabaran dan tindakan pencegahan dari awal, Ibu pasti bisa membuatnya lebih mengerti mengenai mana yang baik dan mana yang buruk, sebagai bagian dari tumbuh kembangnya. Mulai sekarang, yuk, Bu, lebih konsisten dalam menjalankan peraturan agar Si Kecil disiplin! 

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review