Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Kiat Mendidik Anak

Mendidik Si Kecil Melalui Cara Meniru

(0 review)

Memasuki usia satu tahun, Si Kecil mulai pintar meniru apa saja yang Ibu lakukan[1]. Mulai dari membereskan rumah, menelepon, hingga meniru perkataan orang tua. Nah, momen ini bisa dimanfaatkan oleh Ibu untuk mendidik anak berperilaku baik. Bagaimana caranya mendidik Si Kecil untuk meniru melakukan hal-hal positif? Ibu bisa baca tipsnya berikut ini.

 

 

Kamis, 5 Oktober 2017

Mulai dari Kegiatan Sehari-hari

Tindakan Ibu yang paling mudah ditiru Si Kecil adalah kegiatan sehari-hari, seperti menyapu lantai atau merapikan tempat tidur. Jika Si Kecil menunjukkan keinginan untuk meniru Ibu, arahkan ia supaya memulainya dari hal sederhana. Contohnya, mengajari Si Kecil mengembalikan mainan ke tempatnya. Dengan begitu, Ibu bisa mengenalkan kedisiplinan sejak dini dan memberikan pemahaman untuk menjaga barang-barang miliknya.

Batasi Tayangan Televisi

Berdasarkan penelitian dari Michigan State University, Amerika Serikat, balita berusia satu sampai dua tahun yang menonton televisi selama 20 detik mampu mengulangi tindakan yang sama seperti apa yang ditontonnya. Oleh sebab itu, Ibu sebaiknya membatasi tayangan televisi yang ditonton oleh Si Kecil, terutama dari program yang belum sesuai kategori usianya.

Jadilah Teladan yang Baik

Ibu tentu tidak ingin Si Kecil berperilaku buruk saat tumbuh dewasa nanti. Oleh sebab itu, jadilah teladan yang baik dengan menunjukkan sikap terpuji di hadapannya. Contohnya, hindari bicara dengan kata-kata kasar, atau melakukan kekerasan fisik. Sebaliknya, tunjukkan perilaku terpuji yang mampu membentuk karakter anak, seperti selalu mengucapkan “tolong”, ”terima kasih”, dan “maaf” kepada orang lain.

Apresiasi Perilaku Baiknya

Beri Si Kecil penghargaan berupa pujian, jika ia berhasil melakukan suatu perbuatan baik. Contohnya, ketika ia berhasil merapikan mainannya sendiri, katakan padanya bahwa Ibu bangga dengan perbuatannya, dan bujuk ia untuk mengulangi lagi. Dengan menerima apresiasi penuh kasih sayang, Si Kecil akan semakin termotivasi melakukan perbuatan positif.

Hindari Melakukan Hal-hal Berbahaya

Si Kecil belum memahami ancaman bahaya jika ia bermain dekat api, aliran listrik, atau benda-benda tajam. Oleh sebab itu, hindari melakukan kegiatan yang berisiko seperti menyalakan korek api, memasang kabel ke stopkontak, atau memotong dengan pisau di depan Si Kecil. Sebab, bisa saja ia meniru hal ini tanpa pengawasan Ibu.  Untuk menjaga keselamatan Si Kecil, Ibu bisa menutup akses arus listrik  seperti steker dan saklar dengan lakban atau benda lain. Lalu, jauhkan benda-benda tajam dari jangkauannya.

Kenalkan Pola Makan Sehat

 

Perilaku anak yang senang meniru, juga bisa Ibu manfaatkan untuk mengenalkan pola makan sehat agar ia terbiasa melakukan kebiasaan ini hingga dewasa. Perlihatkan kepadanya bahwa Ibu senantiasa mengonsumsi sayur, buah, dan makanan bergizi lainnya dengan porsi yang cukup. Begitu pun dengan kebiasaan mengonsumsi snack, Bu. Sebaiknya, Ibu hindari jajan sembarangan di tempat-tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

Nah, sebagai variasi kudapan sehat untuk Si Kecil, Nestlé CERELAC NutriPuffs dapat menjadi salah satu pilihannya, karena diperkaya dengan kandungan zat besi dan vitamin B1. Selain itu, bentuknya dirancang khusus sesuai ukuran jari Si Kecil untuk mendukung perkembangan motoriknya.

Bagaimana Bu, sudah siap mendidik anak berperilaku baik melalui cara meniru? Semoga tips di atas dapat diterapkan di rumah, sehingga Ibu dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal!

 

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.