Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Saat Si Kecil berusia 1 tahun, penting untuk menerapkan cara mendidik anak agar mandiri sejak dini

Mengajarkan Si Kecil Mandiri

(0 review)

Siapa yang tidak senang melihat buah hatinya tumbuh mandiri? Seiring dengan tumbuh kembangnya, Si Kecil mungkin menunjukkan tanda-tanda kemandirian, seperti mulai meminta perhatian pada orang tua atau saat mau menyuapkan makanan sendiri. 

Selasa, April 26th, 2016

Walaupun tiap anak memiliki tingkat kemandirian yang berbeda, namun memang sebaiknya Si Kecil diajarkan untuk mandiri semenjak dini. Dengan begitu, ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak bergantung pada orang lain dan dapat bertanggung jawab, minimal atas dirinya sendiri.

Tetapi, seringkali Ibu masih belum tahu bagaimana cara mendidik anak 1 tahun   atau lebih muda, agar mulai bisa mandiri dengan tepat. Apa kebebasan yang Ibu berikan terlalu cepat untuknya? Nah, berikut ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk menumbuhkan rasa kemandirian pada Si Kecil sejak usia dini. Simak, yuk!

Ajak Si Kecil untuk Lebih Sering Berkomunikasi
Salah satu tanda awal kemandiriannya adalah ketika Si Kecil sudah berani meminta perhatian atau mengungkapkan pendapatnya. Untuk merangsang hal ini, dorong ia untuk sering berbicara, dengan cara banyak bertanya atau berkomentar tentang hal-hal yang ringan seperti film kartun kesukaannya atau rasa makanan yang sedang ia konsumsi. Dengarkan dengan baik apa yang ia sampaikan dan bersikaplah seolah Ibu sedang betul-betul mengobrol dengan orang lain. Ini akan membuat Si Kecil merasa ditanggapi. Selain itu, berikan ia jawaban yang mudah dimengerti setiap kali Si Kecil bertanya. Komunikasi yang baik seperti ini dapat membuat Si Kecil lebih berani menyampaikan ide dan pikirannya, juga menjalin kedekatan antara Ibu dan Si Kecil.

Biarkan Si Kecil Pakai Baju Sendiri
Walau masih berusia dini, ada kalanya Si Kecil menolak ketika dipasangkan baju dan mencoba memakainya sendiri. Saat hal ini terjadi, tidak perlu dilarang, Bu, apalagi sampai memarahinya dan menganggapnya hanya merepotkan. Biarkan ia berusaha meraih pakaian dan memasukkan anggota badannya, mencoba menyentuh kancing, atau mengambil kaos kaki sendiri. Memang, kemampuannya belum memdai untuk betul-betul memakai pakaian sendiri. Ibu sebaiknya tetap membantunya sambil memuji hasil kerjanya. Lalu, tinggal rapikan apabila kancing bajunya terbalik dan jika kaus kakinya tinggi sebelah. Dengan begini, Si Kecil mulai terlatih untuk bisa memahami bahwa ia dapat melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Ajari Si Kecil Makan Sendiri
Ketika Si Kecil sudah berusia 9 bulan hingga 1 tahun, ia cenderung memasukkan apa saja ke mulutnya. Nah, hal ini dapat jadi kesempatan untuk mengajarinya makan sendiri, Bu, tentunya tetap dalam pengawasan, ya. Berikan ia biskuit bayi atau buah yang telah dipotong kecil-kecil, untuk memudahkannya memegang dan memasukkannya ke dalam mulut. Saat ia sudah mampu, ajari Si Kecil untuk memegang sendok dengan benar, sehingga ia tahu bagaimana cara menyuapi diri sendiri. Jangan lupa untuk mengawasinya untuk mengindari risiko tersedak, juga selalu memujinya setiap ia berhasil menyuap makanan ke mulutnya. Pujian seperti ini dapat meningkatkan keperceyaan dirinya untuk mulai melakukan sesuatu tanpa bantuan.

Selain tiga hal di atas, Ibu juga bisa membiarkan Si Kecil yang berusia satu tahun untuk main sendiri di ruangan dalam waktu yang singkat, tentunya setelah semua benda berbahaya diamankan dan Ibu tetap mengawasi dari jarak yang cukup dekat. Sedangkan, sebagai cara mendidik anak 2 tahun  untuk mandiri, biarkan ia duduk sendiri ketika Ibu sedang memasak atau mengerjakan sesuatu, sambil sesekali mengajaknya bicara. Ketika berusia 3 tahun, Si Kecil sudah bisa Ibu ajak berjalan ke supermarket atau taman tanpa kesulitan.

Tips di atas cukup mudah dicoba kan, Bu? Yuk, mulai ajari Si Kecil untuk mandiri dari sekarang!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review