Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Bunda, Ketahui Menu MPASI Pertama yang Terbaik untuk Si Kecil

Menu Tunggal VS Menu 4 Bintang, Pilih Mana untuk MPASI Pertama?

 
Bunda, Yuk, Cari Tahu Seperti Apa Menu MPASI Pertama yang Terbaik

Kamis, 5 Maret 2020

Bunda pasti sudah tidak sabar menyaksikan momen pertama Si Kecil melahap menu MPASI-nya. Sebelum itu, ayo cari tahu terlebih dulu apa saja yang perlu diperhatikan ketika mulai mencari tahu soal menu MPASI pertama Si Kecil. Bunda mungkin dibuat bingung dengan pilihan antara memberikan menu tunggal atau menu 4 bintang, terutama di minggu pertama. Jadi, manakah tipe MPASI homemade yang lebih baik?

Seputar Menu Tunggal 
Menu MPASI tunggal adalah menu MPASI homemade dengan tekstur padat yang terdiri dari satu jenis makanan saja. Contohnya adalah puree wortel, puree apel, puree pisang, dan sejenisnya. Menu ini diberikan kepada Si Kecil selama 1-14 hari, secara bergantian dan dicatat tanggal pemberiannya. Tujuan pemberian menu tunggal adalah untuk melihat reaksi Si Kecil terhadap jenis makanan tertentu. Jadi, Bunda dapat mengenali jenis makanan yang dapat membuat Si Kecil alergi atau mengalami gangguan pencernaan.
Meski demikian, mengingat gizi dalam satu jenis makanan saja tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi Si Kecil, MPASI tunggal sebaiknya tidak diberikan secara terus-menerus. Si Kecil juga membutuhkan nutrisi dari bahan makanan lainnya. Jika Bunda khawatir Si Kecil memiliki alergi makanan tertentu, cukup berikan makanan tersebut secara bertahap, misalnya tunggu 3-5 hari sebelum menambahkan makanan lain yang biasa menyebabkan alergi pada Si Kecil.

Seputar Menu 4 Bintang
Berbeda dengan menu tunggal, menu 4 bintang umumnya bergizi lebih lengkap. MPASI yang disiapkan umumnya mengandung Karbohidrat, Protein hewani maupun nabati, bahan pangan yang mengandung susu, kacang-kacangan, buah, sayur, serta lemak. Menu 4 bintang juga umumnya sejalan dengan kampanye Isi Piringku yang dilakukan Kemenkes RI, yaitu supaya konsumsi makanan memenuhi konsep gizi seimbang dan lengkap setiap harinya.

Mana yang Lebih Baik?
Berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, pada awal pemberian MPASI, sebaiknya Si Kecil diberikan menu makanan yang dilumat, bertekstur halus, serta disaring, kemudian dikentalkan secara bertahap. Setelah bubur saring, Bunda dapat memberikan bubur kasar, finger food, makanan lunak dengan lauk cincang, dan terakhir adalah makanan keluarga.
Mengenai mana yang lebih baik, WHO sama sekali tidak mengatakan bahwa MPASI yang diberikan kepada Si Kecil harus menu tunggal atau satu jenis makanan saja. Hal ini dikarenakan satu jenis makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.
Di sisi lain, WHO juga tidak memperkenalkan istilah menu 4 bintang. WHO justru menekankan agar MPASI diberikan dengan menu yang beragam dan lengkap. Jadi, pastikan Si Kecil mendapat MPASI bergizi lengkap yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, serta Vitamin dan Mineral ya, Bunda. 

Untuk mendukung pemenuhan gizi lengkap dan seimbang, Bunda tentu perlu memerhatikan agar asupan makanan Si Kecil mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Sebagai rekomendasi, Bunda bisa menyiapkan CERELAC Risenutri untuk menu MPASI pertama Si Kecil.
CERELAC Risenutri merupakan bubur polos dengan 10 Vitamin dan 6 Mineral, Protein, serta Omega 3 dan Omega 6 untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. CERELAC Risenutri juga tinggi Zat Besi dan dapat dikombinasikan dengan bahan MPASI lainnya. Teksturnya pas sehingga bisa membantu Bunda membuat MPASI homemade dengan lebih mudah, praktis, dan bergizi. Yuk, coba CERELAC Risenutri sebagai pasangan MPASI Bunda sekarang!

Sumber:

https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/menu-mpasi-tunggal-bayi/

https://gaya.tempo.co/read/1173930/jangan-salah-ini-aturan-menu-4-bintang-mpasi/full&view=ok

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/menu-mpasi-tunggal-bayi/

https://www.who.int/nutrition/topics/complementary_feeding/en/

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.