Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Mendukung Perkembangan Emosi Anak

Mood Si Kecil Sering Berubah? Atasi dengan Cara Ini!

 

Apakah wajar, bila mood Si Kecil itu gampang berubah? Mungkin hal ini jadi pertanyaan bagi Moms, terutama saat melihat Si Kecil yang tertawa riang tiba-tiba saja berubah jadi marah atau bahkan menangis.

Rabu, 11 Juli 2018

Tenang Moms, di usia 1-3 tahun Si Kecil bisa jadi mudah mengalami perubahan mood karena ia belum bisa mengontrol emosinya. Di tahap pertumbuhan ini, perkembangan emosi anak belum stabil dan Ia masih belum mengerti bagaimana cara menyampaikan keinginannya. Makanya, tidak heran bila anak bersikap gampang marah atau menangis. Namun, bagaimana jika hal ini sering terjadi? Moms bisa melakukan beberapa tips ini untuk menghadapi mood swing pada Si Kecil. Yuk, disimak!

  • Mengenalkan Emosi pada Anak

Si Kecil mungkin belum mengerti apa itu emosi senang, sedih, takut, atau marah. Tapi menurut saran dari fakultas psikologi Vanderbilt University, AS, Moms sebaiknya mulai mengenalkan macam-macam emosi pada Si Kecil. Tujuannya, agar ia dapat memahami bahwa berbagai situasi bisa menimbulkan emosi yang berbeda. Misalnya, Moms bisa tunjukkan ekspresi senang sambil bilang: “Wah senangnya kamu bisa menghabiskan makan siang!” Bisa juga mengatakan dengan ekspresi sedih: “Mama sedih kalau kamu sakit.” Atau, ceritakan saat tokoh di dalam dongeng sedang marah: “Pak tani marah karena timunnya dicuri kancil. Coba, gimana muka Pak tani yang sedang marah?” Dengan begini, Si Kecil diharapkan mulai mengerti emosi apa yang sedang dirasakannya dan apa penyebabnya. Hal ini bisa membantu Si Kecil agar tidak gampang menangis atau marah tanpa sebab.

 

  • Ajari Si Kecil Ungkapkan Perasaan

Si Kecil yang tantrum atau sedang marah, bisa saja melemparkan barang yang ada di sekitarnya. Mulai dari mainan, hingga perlengkapan makan di hadapannya. Untuk menghindari hal semacam itu, Moms sebaiknya mulai melatih Si Kecil untuk mengungkapkan perasaannya. Misalnya, Moms bisa bertanya kenapa ia marah atau menangis, apa  penyebabnya, lalu apa yang sebetulnya ia inginkan. Kemudian, pelan-pelan Moms  beritahu Si Kecil bahwa hal yang dilakukannya itu tidak baik.

 

  • Ajari Anak Meminta Sesuatu dengan Baik

Biasanya emosi anak berubah seketika di saat ia minta sesuatu. Untuk itu, Moms diharapkan bisa mengajari Si Kecil menyampaikan keinginannya dengan cara yang baik. Contohnya, “Ma, aku mau makan ini” atau “Ma, aku mau mainan ini”, dan sebagainya. Dengan begitu, ia bisa belajar memahami bahwa meminta sesuatu itu bisa dilakukan tanpa harus merengek, apalagi sampai marah.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Happy Moms lakukan untuk mengatasi mood Si Kecil yang gampang berubah. Perubahan emosi secara tiba-tiba ini bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan saluran cerna, Moms. Bila anak mengeluh sakit perut, biasanya ia jadi gampang merengek, dan membuatnya tidak bisa bermain dengan ceria. Oleh sebab itu, Moms perlu memerhatikan kesehatan pencernaannya dengan memberikan asupan makanan yang bergizi seimbang. Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung zat besi, omega-3, omega-6, dan Lactobacillus reuteri untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Menghadapi mood Si Kecil yang gampang berubah, memang butuh usaha dan kesabaran ekstra. Dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup dan juga perhatian, Moms diharapkan dapat mendukung perkembangan emosi anak di usia ini. Hal ini tentu dapat membantu Si Kecil agar tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.