Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Mendidik Anak yang Baik dengan Makan Bersama

5 Manfaat Makan Bersama Keluarga

(0 review)

Makanan sehat dan bergizi wajib dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anggota keluarga, terutama bagi Si Kecil. Namun, tahukah Ibu? Makanan tidak hanya penting untuk proses metabolisme tubuh, tapi juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga dan menjadi salah satu cara mendidik anak yang baik . Asalkan, Ibu rutin mengajak Si Kecil dan keluarga untuk makan bersama.

Jumat, Desember 18th, 2015

Yuk, ajak seluruh anggota keluarga bersantap bersama di meja makan, Bu! Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, misalnya menyelipkan obrolan canda di sela-sela waktu makan. Komunikasi yang akrab di meja makan seperti ini, dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang optimal. 

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat lainnya dari kegiatan makan bersama keluarga, lho. Simak info selengkapnya di bawah ini! 

Makin Kompak dengan Anggota Keluarga
Meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga tidak selalu dilakukan dengan cara pergi liburan, kegiatan sederhana seperti makan bersama juga dapat mempererat kebersamaan Si Kecil dengan keluarga. Untuk itu, tidak ada salahnya Ibu mengingatkan Ayah menyempatkan makan bersama dengan sang buah hati dan keluarga di rumah. 

Mendukung Perkembangan Emosi Anak
Menurut ahli nutrisi makanan anak Ellyn Satter, anak yang rutin makan bersama keluarganya mampu mendapatkan rasa aman, dan merasa jadi bagian dari anggota keluarga. Kedua perasaan nyaman ini dibutuhkan Si Kecil, agar terbiasa berkomunikasi dengan keluarga dan membantu perkembangan emosinya menjadi lebih stabil.

Mengembangkan Kemampuan Komunikasi
Ketika waktu makan bersama tiba, ajak anggota keluarga untuk saling bercerita, atau sekedar mengobrol. Berbagai bentuk komunikasi tersebut mampu membantu Si Kecil meningkatkan kemampuan komunikasinya di lingkungan sosial. Kemampuan komunikasi yang baik tentunya bisa menambah kepercayaan diri anak. 

Bantu Tingkatkan Prestasi di Sekolah
Berdasarkan penelitian dari University of Florida, rutinitas makan bersama keluarga berhubungan dengan prestasi anak di sekolah. Hal ini disebabkan anak yang sering makan bersama keluarga, memiliki motivasi belajar yang lebih besar. Jadi, sebaiknya Ibu lebih sering mengajak anak dan keluarga untuk bersantap bersama di meja makan, ya. 
  
Menjaga Kondisi Kesehatan Keluarga

Ini juga salah satu manfaat dari rutinitas makan bersama, karena biasanya makanan yang dihidangkan dibuat sendiri di rumah. Dengan cara ini, semua anggota keluarga lebih sering untuk mengonsumsi makanan rumah dibanding masakan cepat saji. Ditambah dengan pola makan bergizi seimbang, tentunya rutinitas makan bersama dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan senantiasa menjaga kesehatan keluarga.  

Meskipun Si Kecil belum bisa mengonsumsi makanan keluarga, sebaiknya kegiatan makan bersama dikenalkan sejak dini. Caranya, Ibu dapat menyuapi anak menu Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di meja makan bersama anggota keluarga lainnya. Setelah anak berusia 1 tahun, ia baru dapat diajak untuk menikmati menu makanan keluarga. Agar Si Kecil tidak bosan, Ibu dapat membuat beragam kreasi resep makanan balita

Nah, ternyata banyak juga ya manfaat makan bersama keluarga di rumah. Jadi tetap semangat untuk mengajak anggota keluarga melakukan rutinitas ini ya, Bu. Yuk, bagikan informasi dalam artikel ini pada Ibu lainnya

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review