Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Nutrisi Di Masa Kritis Pertumbuhan

 

Memiliki Si Kecil yang tumbuh optimal adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mencapai nya, Si Kecil memerlukan asupan gizi yang seimbang dan lengkap. Pemberian gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air sesuai dengan kebutuhannya.

Selasa, 8 Desember 2015

Dalam kata lain, gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan berat badan ideal.

Memiliki Si Kecil yang tumbuh optimal adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mencapai nya, Si Kecil memerlukan asupan gizi yang seimbang dan lengkap. Pemberian gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air sesuai dengan kebutuhannya. Dalam kata lain, gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan berat badan ideal.

Prinsip gizi seimbang didasarkan pada kebutuhan zat gizi yang berbeda menurut kelompok umur, status kesehatan, dan jenis aktivitas. Jika pemberian nutrisi kurang seimbang pada masa kritis, yaitu 2 tahun pertama kehidupan , maka pertumbuhannya akan terganggu.

Karenanya , pada masa tumbuh pesat ini, Si Kecil memerlukan gizi dua kali lipat dibandingkan orang dewasa, yaitu 83 kkal/kg/hari. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana akibatnya terhadap kehidupan lanjutnya apabila Si Kecil mengalami kekurangan zat gizi pada masa tersebut.

Kekurangan asupan protein misalnya, akan menyebabkan Si Kecil mengalami gangguan pertumbuhan karena sel membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup. Pertumbuhan otak dan organ penting lainnya akan terganggu. Si Kecil pun tumbuh kurang optimal dan memiliki postur tubuh lebih pendek.

Asupan lemak yang tidak cukup juga akan mempengaruhi kerja organ-organnya. Sebab, 60% otak dibentuk dari sumber lemak. Lalu, jika Si Kecil tidak mengonsumsi asupan vitamin B kompleks yang cukup dalam periode kritis ini juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan memorinya. Selain itu, jika ia mengalami kekurangan asupan zat besi, proses berpikirnya terganggu dan mengakibatkan adanya gangguan perilaku.

Ayo Bu, berikan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk Si Kecil agar ia tidak mengalami hal yang dapat mengganggu pertumbuhannya!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.