Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Lengkapi Kandungan Nutrisi dalam Makanan Pendamping ASI

Nutrisi Si Kecil Usia Penyapihan

(0 review)

Setelah ASI eksklusif selama 6 bulan, Si Kecil kini sudah siap untuk mencicipi makanan padat pertamanya. Tapi, bukan berarti pemberian ASI dihentikan, lho. WHO dan Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan agar Ibu terus menyusui Si Kecil hingga usia dua tahun atau lebih, dan bantu mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan menyiapkan Makanan Pendamping ASI  atau biasa dikenal MP-ASI. 

Selasa, April 26th, 2016

Dengan cara menyiapkan MP-ASI sesuai usia Si Kecil, maka Ibu dapat menunjang pertumbuhan fisik dan emosional, serta memperkuat kekebalan tubuhnya terhadap berbagai penyakit. Nah, agar manfaat dari pemberian MP-ASI bisa didapatkan Si Kecil secara optimal, kandungan nutrisi apa saja yang perlu ada di dalam bahan makanan MP-ASI?

•    Karbohidrat
Ini merupakan salah satu makro nutrien yang diperlukan oleh tubuh Si Kecil sebagai sumber energi. Sehingga, ia dapat mendukungnya untuk aktif bermain dan bantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 
Bahan makanan: beras merah, nasi, kentang, biskuit, dan sereal. 

•    Protein
Selain karbohidrat protein juga termasuk nutrisi esensial yang diperlukan tubuh Si Kecil untuk mendukung pertumbuhan yang sehat, di antaranya menunjang pertumbuhan otot, perkembangan organ tubuh, dan juga membentuk sistem kekebalan tubuh.
Bahan makanan: tahu, tempe, telur, daging ayam, sapi, dan ikan.

•    DHA 
Seperti yang sudah Ibu ketahui, kecerdasan Si Kecil dapat didukung secara optimal dengan memberikannya nutrisi penting untuk perkembangan otak, yaitu DHA. Selain mendukung proses berpikir anak, DHA juga dapat menunjang perkembangan sel saraf dan retina mata.
Bahan makanan: ikan salmon, sarden, tuna, dan minyak ikan laut tertentu.  

•    Vitamin A 
Vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan penglihatan dan juga bantu memperkuat sistem imun tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.  
Bahan makanan: hati ayam atau sapi, sayuran berdaun hijau seperti bayam, serta buah atau sayur yang berwarna jingga-merah seperti wortel dan tomat.  

•    Zat Besi 
Mineral ini penting untuk dikonsumsi oleh Si Kecil, karena memiliki fungsi penting untuk memproduksi sel-sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuhnya. Dengan begitu, ia dapat terhindar dari risiko anemia yang dapat membuatnya mudah lelah dan menganggu aktivitas bermainnya. 
Bahan makanan: daging merah, hati ayam atau sapi, kacang merah, sayur berdaun hijau seperti bayam dan bok choy. 

•    Zink
Mineral ini dibutuhkan tubuh Si Kecil untuk mendukung kekebalan tubuh dan menunjuang pertumbuhan.
Bahan makanan: daging merah, ikan, udang, dan kacang tanah.  

•    Prebiotik 
Bermanfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik (probiotik) di dalam tubuh, sehingga dapat bantu menjaga kesehatan saluran cerna dan juga mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil.
Bahan makanan: bawang putih, dan pisang.  

•    Probiotik 
Bakteri baik yang berguna untuk mendukung saluran cerna yang sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Bahan makanan: susu, dan produk susu yang diperkaya dengan probiotik. Atau, Ibu juga bisa menyiapkan semangkuk bubur susu Nestlé CERELAC, setiap suapannya mengandung bakteri probiotik bifidus BL yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan bantu mengoptimalkan fungsi saluran cerna Si Kecil. 

Selain memilih bahan makanan yang tepat untuk mengolah bubur bayi sehat, Ibu juga perlu memerhatikan cara pembuatannya agar kandungan nutrisinya tidak berkurang atau bahkan hilang. Caranya: 
1.    Cuci bahan makanan dengan air mengalir.
2.    Saat memasak, gunakan sedikit air dan jangan terlalu matang supaya kandungan vitamin tidak hilang.
3.    Lebih baik tidak menambahkan gula dan garam untuk melatih Si Kecil mengenal aneka rasa makanan. 

Nah, tidak sulit kan Bu, menyiapkan MP-ASI yang bernutrisi bagi Si Kecil? Dengan memastikan ia mengonsumsi makanan bergizi seimbang sejak dini, tahap tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan optimal

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review